Filosofi Etika Ibn Miskawaih dan Implementasinya terhadap Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam paradigma etika dalam pemikiran Ibnu Miskawaih, khususnya yang tertuang dalam Tahdzib al-Akhlak, serta implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa paradigma etika menurut Ibnu Miskawaih menekankan keseimbangan antara dua kutub ekstrim baik tidak terlalu condong ke kanan maupun ke kiri yang dicapai melalui sifat keadilan (al-'Adalah). Adapun untuk menunjang sifat keadilan tersebut, diperlukan beberapa nilai yang harus dimiliki sebelumnya, yaitu nilai kebijaksanaan (hikmah), keberanian (syaja’ah), dan kesederhanaan (iffah). Etika yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih tersebut memiliki implikasi yang mendasari pembentukan karakter siswa melalui Pendidikan Agama Islam. Implikasi teoretis dari penelitian ini memperkaya wacana filsafat etika Islam sebagai dasar pengembangan karakter, sedangkan implikasi praktisnya dapat diterapkan dalam desain kurikulum dan metode pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai etis. Penelitian ini memberikan hal baru dalam hal integrasi komprehensif antara aspek filosofis dan praktis etika Ibnu Miskawaih dalam konteks pendidikan Islam yang belum banyak dieksplorasi dalam kajian sebelumnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Abdullah, F. (2020). Konsepsi Ibnu Miskawaih Tentang Moral, Etika Dan Akhlak Serta Relevansinya Bagi Pendidikan Islam. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1), 39–58.
Achmad Rafli Isnadi, & Almi Novita Kariman. (2024). Implikasi Filsafat Etika Dalam Membangun Tata Krama Generasi Muda Melalui Pendidikan Karakter Prespektif Ibnu Miskawaih. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 75–93.
Adliyah, S. (2024, September 5). Polisi Ungkap Motif 4 Tersangka Pembunuhan Siswi SMP di Palembang. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-7525191/polisi-ungkap-motif-4-tersangka-pembunuhan-siswi-smp-di-palembang
Amma, T., & Mudawamah, A. (2023). Dampak Globalisasi dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Keislaman, 21(1), 43–54.
Arfan, F. (2022). Menelusuri Jejak Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih Dalam Aspek Emosi [Tracing the Conceptual Thoughts on Ethics of Al-Ghazali and Ibn Miskawaih in the Aspect of Emotions]. Tarbiyatul-Aulad: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(02), 129–154, (in Indonesian). https://mail.ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5093
Barrouillet, P. (2015). Theories of Cognitive Development: From Piaget to Today. Developmental Review. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.004
Budiman, A. B. (2023). Analisis Etika Ibnu Miskawaih terhadap Fenomena ‘Flexing’ di Media Sosial. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(4), 30–40. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i4.647
Busroli, A. (2019). Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia. AT-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71–94.
Corbin, H. (2014). History Of Islamic Philosophy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203870082
Faizin, M., Sholeilluna, N. B., Rohmah, R. M., & Maftuhah, S. (2023). Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 122–131. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9675
Hakim, A. (2016). Filsafat Etika Ibn Miskawaih. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 13(2), 135. https://doi.org/10.18592/jiu.v13i2.727
Harahap, A. N., & Salminawati. (2022). Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Islam dan Barat. JOSR: Journal of Social Research, 1(3), 749–754.
Hariyanto, & Muzammil, S. (2023). Etika Islam dalam Pemikiran Ibn Maskwaih dan Relevansinya terhadap Problem-Problem Sosial di Indonesia. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2), 52–61. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3613
Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., & Rahmah, A. A. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1–13.
Julhamdani, F., Irawan, & Priatna, T. (2023). Peranan Struktur Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Agama Islam untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 4491–4497.
Kohlberg, L. (1963). The Development of Children’s Orientations Toward a Moral Order. Vita Humana, 6(1), 11–33.
Leaman, O. (2021). Ibn Miskawayh, the Soul, and the Pursuit of Happiness: The Truly Happy Sage. Journal of Islamic Studies, 32(1), 124–125. https://doi.org/10.1093/jis/etaa041
Mattila, J. (2023). Islamic Ethics as Educational Discourse: Thought and Impact of the Classical Muslim Thinker Miskawayh (d. 1030), edited by Sebastian Günther and Yassir El Jamouchi. Journal of Islamic Ethics, 7(1–2), 236–239. https://doi.org/10.1163/24685542-20230087
Muhid, H. K. (2023). Kilas Balik Kasus Kematian Munir karena Racun Arsenik dan Mirna Akibat Racun Sianida. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1785000/kilas-balik-kasus-kematian-munir-karena-racun-arsenik-dan-mirna-akibat-racun-sianida?page_num=2
Mukhid, A. (2011). Konsep Pendidikan Perspektif Ibn Maskawaih. Jurnal Tadris, 6(1), 46–59.
Mulia, H. R. (2019). Pendidikan Karakter: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 39–51. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.341
Mustofa. (2007). Filsafat Islam. Pustaka Setia.
Nasr, S. H. (2006). Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. State University of New York Press.
Nizar. (2016). Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih. AQLAM: Journal of Islam and Plurality, 1(1), 35–42. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/498/410
Nurani, S. K. (2024, September 8). 20 Tahun Pembunuhan Munir, Kronologi Kematian Aktivis HAM Akibat Racun Arsenik di Pesawat. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1913645/20-tahun-pembunuhan-munir-kronologi-kematian-aktivis-ham-akibat-racun-arsenik-di-pesawat
Rofiq, A. A., & Sidik, A. K. (2024). Menerapkan Etika Ibn Miskawaih dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJHS: Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(1), 283–298.
Santalia, I. (2023). Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/li/article/view/3863/2232
Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Supriyanto. (2023). Filsafat Akhlak Ibnu Miskawaih. Rizquna.
Wulandari, I. (2023). Forensic Science in Criminalistics in Indonesia: Development and Challenges. Unnes Law Journal, 9(1), 221–236. https://doi.org/10.15294/ulj.v9i1.66847
Yunus, A., Ma’arif, S., & Amin, H. M. (2022). Filsafat Etika Ibnu Miskawaih. KORDINAT: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 21(2), 200–210.
Zulkarnain, I. (2018). Teori Keadilan: Pengaruh Pemikiran Etika Aristoteles Kepada Sistem Etika Ibnu Miskawaih. Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(1), 143–166. https://www.jurnalmadani.org.lkd-pm.com/index.php/madani/article/view/8/7