Filosofi Etika Ibn Miskawaih dan Implementasinya terhadap Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Fadhilah Sukmawati Tanjung
Buchori
Muhamad Parhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam paradigma etika dalam pemikiran Ibnu Miskawaih, khususnya yang tertuang dalam Tahdzib al-Akhlak, serta implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa paradigma etika menurut Ibnu Miskawaih menekankan keseimbangan antara dua kutub ekstrim baik tidak terlalu condong ke kanan maupun ke kiri yang dicapai melalui sifat keadilan (al-'Adalah). Adapun untuk menunjang sifat keadilan tersebut, diperlukan beberapa nilai yang harus dimiliki sebelumnya, yaitu nilai kebijaksanaan (hikmah), keberanian (syaja’ah), dan kesederhanaan (iffah). Etika yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih tersebut memiliki implikasi yang mendasari pembentukan karakter siswa melalui Pendidikan Agama Islam.  Implikasi teoretis dari penelitian ini memperkaya wacana filsafat etika Islam sebagai dasar pengembangan karakter, sedangkan implikasi praktisnya dapat diterapkan dalam desain kurikulum dan metode pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai etis. Penelitian ini memberikan hal baru dalam hal integrasi komprehensif antara aspek filosofis dan praktis etika Ibnu Miskawaih dalam konteks pendidikan Islam yang belum banyak dieksplorasi dalam kajian sebelumnya. 

Article Details

How to Cite
[1]
“Filosofi Etika Ibn Miskawaih dan Implementasinya terhadap Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 82–91, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.26824.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Filosofi Etika Ibn Miskawaih dan Implementasinya terhadap Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 82–91, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.26824.

References

Abdullah, F. (2020). Konsepsi Ibnu Miskawaih Tentang Moral, Etika Dan Akhlak Serta Relevansinya Bagi Pendidikan Islam. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1), 39–58.

Achmad Rafli Isnadi, & Almi Novita Kariman. (2024). Implikasi Filsafat Etika Dalam Membangun Tata Krama Generasi Muda Melalui Pendidikan Karakter Prespektif Ibnu Miskawaih. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 75–93.

Adliyah, S. (2024, September 5). Polisi Ungkap Motif 4 Tersangka Pembunuhan Siswi SMP di Palembang. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-7525191/polisi-ungkap-motif-4-tersangka-pembunuhan-siswi-smp-di-palembang

Amma, T., & Mudawamah, A. (2023). Dampak Globalisasi dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Keislaman, 21(1), 43–54.

Arfan, F. (2022). Menelusuri Jejak Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih Dalam Aspek Emosi [Tracing the Conceptual Thoughts on Ethics of Al-Ghazali and Ibn Miskawaih in the Aspect of Emotions]. Tarbiyatul-Aulad: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(02), 129–154, (in Indonesian). https://mail.ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5093

Barrouillet, P. (2015). Theories of Cognitive Development: From Piaget to Today. Developmental Review. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.004

Budiman, A. B. (2023). Analisis Etika Ibnu Miskawaih terhadap Fenomena ‘Flexing’ di Media Sosial. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(4), 30–40. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i4.647

Busroli, A. (2019). Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia. AT-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71–94.

Corbin, H. (2014). History Of Islamic Philosophy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203870082

Faizin, M., Sholeilluna, N. B., Rohmah, R. M., & Maftuhah, S. (2023). Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 122–131. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9675

Hakim, A. (2016). Filsafat Etika Ibn Miskawaih. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 13(2), 135. https://doi.org/10.18592/jiu.v13i2.727

Harahap, A. N., & Salminawati. (2022). Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Islam dan Barat. JOSR: Journal of Social Research, 1(3), 749–754.

Hariyanto, & Muzammil, S. (2023). Etika Islam dalam Pemikiran Ibn Maskwaih dan Relevansinya terhadap Problem-Problem Sosial di Indonesia. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2), 52–61. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3613

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., & Rahmah, A. A. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1–13.

Julhamdani, F., Irawan, & Priatna, T. (2023). Peranan Struktur Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Agama Islam untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 4491–4497.

Kohlberg, L. (1963). The Development of Children’s Orientations Toward a Moral Order. Vita Humana, 6(1), 11–33.

Leaman, O. (2021). Ibn Miskawayh, the Soul, and the Pursuit of Happiness: The Truly Happy Sage. Journal of Islamic Studies, 32(1), 124–125. https://doi.org/10.1093/jis/etaa041

Mattila, J. (2023). Islamic Ethics as Educational Discourse: Thought and Impact of the Classical Muslim Thinker Miskawayh (d. 1030), edited by Sebastian Günther and Yassir El Jamouchi. Journal of Islamic Ethics, 7(1–2), 236–239. https://doi.org/10.1163/24685542-20230087

Muhid, H. K. (2023). Kilas Balik Kasus Kematian Munir karena Racun Arsenik dan Mirna Akibat Racun Sianida. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1785000/kilas-balik-kasus-kematian-munir-karena-racun-arsenik-dan-mirna-akibat-racun-sianida?page_num=2

Mukhid, A. (2011). Konsep Pendidikan Perspektif Ibn Maskawaih. Jurnal Tadris, 6(1), 46–59.

Mulia, H. R. (2019). Pendidikan Karakter: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 39–51. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.341

Mustofa. (2007). Filsafat Islam. Pustaka Setia.

Nasr, S. H. (2006). Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. State University of New York Press.

Nizar. (2016). Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih. AQLAM: Journal of Islam and Plurality, 1(1), 35–42. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/498/410

Nurani, S. K. (2024, September 8). 20 Tahun Pembunuhan Munir, Kronologi Kematian Aktivis HAM Akibat Racun Arsenik di Pesawat. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1913645/20-tahun-pembunuhan-munir-kronologi-kematian-aktivis-ham-akibat-racun-arsenik-di-pesawat

Rofiq, A. A., & Sidik, A. K. (2024). Menerapkan Etika Ibn Miskawaih dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJHS: Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(1), 283–298.

Santalia, I. (2023). Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/li/article/view/3863/2232

Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Supriyanto. (2023). Filsafat Akhlak Ibnu Miskawaih. Rizquna.

Wulandari, I. (2023). Forensic Science in Criminalistics in Indonesia: Development and Challenges. Unnes Law Journal, 9(1), 221–236. https://doi.org/10.15294/ulj.v9i1.66847

Yunus, A., Ma’arif, S., & Amin, H. M. (2022). Filsafat Etika Ibnu Miskawaih. KORDINAT: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 21(2), 200–210.

Zulkarnain, I. (2018). Teori Keadilan: Pengaruh Pemikiran Etika Aristoteles Kepada Sistem Etika Ibnu Miskawaih. Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(1), 143–166. https://www.jurnalmadani.org.lkd-pm.com/index.php/madani/article/view/8/7