Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana optimalisasi penerapan Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Seputih Banyak Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran, peserta didik terlibat secara menyeluruh melalui pengembangan tiga ranah utama, yaitu kognitif yang mencakup pengetahuan dan pemahaman, afektif yang melibatkan sikap dan nilai, serta psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan fisik dan gerakan. Ketiga ranah ini saling mendukung untuk membentuk kompetensi peserta didik secara menyeluruh. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasinya, seperti kesiapan pendidik dalam mengadaptasi metode pembelajaran inovatif dan keterbatasan sarana pendukung. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta penguatan strategi pembelajaran yang berbasis diferensiasi dan proyek agar Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih optimal dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik.
Article Details
How to Cite
[1]
“Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27097.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27097.