Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana optimalisasi penerapan Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Seputih Banyak Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran, peserta didik terlibat secara menyeluruh melalui pengembangan tiga ranah utama, yaitu kognitif yang mencakup pengetahuan dan pemahaman, afektif yang melibatkan sikap dan nilai, serta psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan fisik dan gerakan. Ketiga ranah ini saling mendukung untuk membentuk kompetensi peserta didik secara menyeluruh. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasinya, seperti kesiapan pendidik dalam mengadaptasi metode pembelajaran inovatif dan keterbatasan sarana pendukung. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta penguatan strategi pembelajaran yang berbasis diferensiasi dan proyek agar Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih optimal dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Alfiannor, & Jarkawi. (2025). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 7(1), 1–23.
Ambarita, D., Dahliah, J., Edwar, Y., Hartati, M. S., & Susiyanto. (2025). Perspektif Filsafat Progresivisme Dalam Kurikulum Merdeka. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 3(1), 366–380.
Amin, M. N. (2024). Peningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Internaliasi Nilai dalam Kegiatan Keagamaan dan Sosial. Madinah : Jurnal Studi Islam, 11(2), 295–312.
Apriliawati, Aslamiah, & Sulaiman. (2025). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah ( Studi Multi Kasus di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 138–155.
Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi Pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Pesero) Cabang Teluk Bayur). Jurnal Saintek Maritim, 9(2), 356–363.
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Febrianti, Y. F., & Pulungan, R. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 2(1), 7–10. https://doi.org/10.1016/B978-012370624-9/50005-0
Halimah, S., Muluk, S., & Silahuddin. (2024). Efektifitas Alokasi Waktu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn Neusok Teubalui. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 536554.
Harahap, N. F., & Rohman, F. (2024). Implementasi penilaian hasil belajar PAI dalam kurikulum merdeka di MTs hifzil qur ’ an islamic centre Sumatera Utara. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9(1), 62–72.
Hilman, I., Akmal, R., & Nugraha, F. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 161–167. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3911
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Delia, A., Husna, M., Azahra, R., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(2), 3558–3568.
Iswadi, Lian, B., & Furkan, N. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 5(3), 164–172.
Makalalag, N. A., Nangune, K., & Yusnaini. (2025). Tantangan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI Di SMAN 2 Limboto. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5(1), 197–205.
Maksum, A., Ratnaningsih, A., & Sofiyana, I. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Membaca. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 197–210.
Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 190–203.
Maulida, N., Purba, H. C., Saarumpaet, juliarto tio m, Sibarani, choms gary ganda tu, & Ahsan, J. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar: Tinjauan Pustaka tentang Peran dan Problematika Guru serta Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17420–17431.
Mawarni, F., & Rozak, A. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus di Kelas X SMAN 01 Cililin ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(No.2), 23625–23637.
Murdani, M. F., Alvionita, I., Purnama, D., Hs, S., Rahmawati, E. S., & Setywati, B. E. (2025). Analisis Tantangan Pengembangan Bahan Ajar Buku PAI Kurikulum Merdeka pada Kelas 5 SD. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 3(1), 15–20.
Mustofa, A., Oktavia, V., & Himami, A. S. (2024). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 350–360. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1350
Nurhalizah, T., Meliana, S., Dedih, U., & Erihadiana, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 dalam Meningkatkan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3783–3794.
Nurhayati, Apriyanto, Ahsan, J., & Hidayah, N. (2024). Metodologi Penelitian.
Nurhayati, Khairunnisa, Tarigan, S., & Lubis, M. (2025). Implementasi dan Tantangan Kurikulum Merdeka di SMA: Strategi Pengajaran Berpusat pada Siswa untuk Pembelajaran yang Lebih Fleksibel dan Kreatif. Jurnal Pendidikan, 13(01), 69–79.
Pratama, A. R., Yulius, Latifa, M., Syafrudin, & Messy. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mendorong Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 145–152.
Putra, A. R. A., Lidinillah, D. A. M., & Nuryadin, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pemrograman Berbantuan Scratch Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 911–920.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sucipto, M. S., Patras, Y. E., & Novita, L. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2356–1327.
Supriadi, Y. N., & Dkk. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran di Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–91.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. 1(1), 53–61.
Trianita, A., Reza, M. A., Tsaniatus, M., Anwar, S., & Fadhil, A. (2024). Analisis Karakteristik Materi Fikih di Berbagai Jenjang Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 2(6), 162–174.
Widiansyah, S., Hidayat, S. P., Kamil, S. I., Dwi, I., Br, L., Rahmawati, U., & Khairo, F. M. A. (2025). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka ( Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas ). Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344–362.
Zahara, Daryono, & Zarmaili. (2025). Analisis Kebijakan Penganggaran pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi. Studi Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 23–33.
Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2023). Selanjutnya, tantangan yang dihadapi oleh guru saat menerapkan kurikulum merdeka adalah kesulitan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi, termasuk menganalisis, merumuskan, serta menggunakan metode dan bahan ajar yang sesuai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2).