Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan

Main Article Content

Diah Irdiyana Rizqi
Umi Hijriyah
Imam Syafe’i
Agus Susanti
Uswatun Hasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana optimalisasi penerapan Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Seputih Banyak Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa.  Dalam proses pembelajaran, peserta didik terlibat secara menyeluruh melalui pengembangan tiga ranah utama, yaitu kognitif yang mencakup pengetahuan dan pemahaman, afektif yang melibatkan sikap dan nilai, serta psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan fisik dan gerakan. Ketiga ranah ini saling mendukung untuk membentuk kompetensi peserta didik secara menyeluruh. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasinya, seperti kesiapan pendidik dalam mengadaptasi metode pembelajaran inovatif dan keterbatasan sarana pendukung. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta penguatan strategi pembelajaran yang berbasis diferensiasi dan proyek agar Kurikulum Merdeka dapat berjalan lebih optimal dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
“Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27097.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Optimalisasi dan Tantangan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27097.