Pengaruh Tourist Perception terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat

Main Article Content

Ropestaria Sipangkar
Yadi Ernawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh attraction, staff, facilities, information, environment, dan food quality terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction destinasi wisata alam buatan Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini melibatkan 127 responden yang memiliki pengalaman berkunjung ke Sarae Hills. Pengumpulan data dilakukan dengan metode cross-sectional atau one shot dengan menggunakan purposive sampling yang merupakan bagian dari nonprobability sampling. Instrumen penelitian telah dinyatakan lulus uji validitas dan reliabilitas melalui pengukuran outer model. Analisis data dilakukan dengan menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan bantuan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attraction, staff, facilities, information, environment, dan food quality berpengaruh positif terhadap tourist satisfaction. Selain itu, facilities, environment dan tourist satisfaction berpengaruh positif terhadap revisit intention. Lalu, tourist satisfaction juga ditemukan berperan memediasi pengaruh attraction, staff, facilities, information, dan food quality terhadap revisit intention. Penelitian ini merekomendasikan pengelola perlu memahami faktor-faktor yang dapat mendorong peningkatan revisit intention.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Tourist Perception terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 55–68, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27248.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Tourist Perception terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 55–68, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27248.

References

Andani, A., Elida Putri, D., & Purwanto, K. (2023). Pengaruh fasilitas dan promosi media sosial video youtube terhadap minat kunjungan ulang wisatawan pada objek wisata Kebudayaan di Kabupaten Merangin Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7332–7341. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5718

Apriadi, D., & Junaid, M. T. (2022). Pengaruh attraction, ameneties, accessbility dan infrastructure terhadap kepuasan konsumen pada objek wisata Taman Berlabuh. Jurnal Manajemen Dan Bisnis-JMBI, 1(1), 37–46.

Arifin, S. E. N., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh e-wom, food quality dan servicescape terhadap niat berkunjung di pondok hijau restaurant manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 1272–1281. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37337%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/37337/34473

Biswas, C., & Omar, H. (2020). The impact of tourist attractions and accessibility on tourists ' satisfaction : the moderating role of tourist ' age jasmine zea raziah radha rashid-radha. 32(4), 0–6. https://doi.org/10.30892/gtg.3

Chaerunissa. (2020). analisis komponen pengembangan pariwisata desa wisata Wonopolo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175.

Chin, C. H., Wong, W. P. M., Ngian, E. T., & Langet, C. (2022). Does environmental stimulus matters to tourists’ satisfaction and revisit intention: a study on rural tourism destinations in Sarawak, Malaysia. Geojournal of Tourism and Geosites , 42(2), 683–692. https://doi.org/10.30892/gtg.422spl06-877

Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh citra destinasi dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372. shttps://doi.org/10.5281/zenodo.5847407

Dea. (2020). Pemasaran digital Sarae Hills, Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung. Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode penelitian survei (edisi revisi). LP3S. metode penelitian survei (Edisi Revisi). LP3S.

Ernawadi, Y., & Putra, H. T. (2021). Authenticity and walkability of iconic heritage destination Bandung Indonesia. International Journal Of Community Service, 1(2), 169–181. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.25

Ghozali, I. 2014. Structural equation modeling, metode alternatif dengan partial least square (PLS). Edisi 4. Semarang: badan penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. J., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)-Third Edition.

Herawati, S., Mulyawan, R., & Darmawan, I. (2021). Strategi pemerintah daerah dalam pengembangan daya tarik wisata di Kabupaten Bandung Tahun 2019. Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 1(1), 1. https://doi.org/10.24198/janitra.v1i1.33022

Mardiawan, Z. N., & Ernawadi, Y. (2024). Pengaruh tourist perception terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction Dusun Bambu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 716–733. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3752

Muttaqin, R. M. (2024). Pengaruh physical environment terhadap revisit intention dengan customer satisfaction sebagai mediasi. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 823. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1080

Oliver, R.L. (1980), “A cognitive model of the antecedence and consequences of satisfaction decisions”, Journal of Marketing Research, Vol. 17, September, pp. 46-9.

Purnama, W., & Wardi, Y. (2019). The influence of destination image, tourists satisfaction, and tourists experience toward revisit intention to the most beautiful village in the world (Nagari Tuo Pariangan). Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01 Nomor 0, 18–25.

Ridho, I. K., & Saputra, A. (2022). Resort sebagai salah satu upaya untuk mengurangi stress masyarakat perkotaan (Studi Kasus: Sukuh Cottage Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Seminar Ilmiah Arsitektur, 274–280. http://siar.ums.ac.id/

Robustin, T. P. (2023). Atribut destinasi dan kepuasan wisatawan pada wisata Siti Sundari Lumajang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 177–188. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.439

Rosmina, Sarkum, S., & Syahputra, R. (2021). Pengaruh motivasi, kualitas dan environment dengan persepsi harga terhadap word of mouth dan revisit intention. 4(5), 1–6.

Rossa, Z. A., & Kusumasari, I. R. (2024). Pengaruh store atmosphere, food quality, dan service quality terhadap revisit intention pada pelanggan Korean Garden Thematic Cafe: Studi pada Rest Korean Garden Coffee And Eats Sidoarjo. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 4020–4032. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.6140

Safira, E., & Fitriani, W. (2024). Analisis penerapan teori belajar operant conditioning. 4, 366–374.

Sari, A. N., & Suyuthie, H. (2022). Pengaruh fasilitas terhadap minat berkunjung wisatawan di objek Wisata pulau Angso Duo Pariaman. Pendidikan Tambusai, 6(1), 1130–1134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3029

Sari, N. (2016). Kepuasan wisatawan terhadap wisata kuliner di objek wisata pantai indah selatbaru kecamatan bantan kabupaten bengkalis. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/120806-ID-kepuasan-wisatawan-terhadap-wisata-kulin.pdf

Sarker, M. S. R., Sayem, S. M., Saha, M., Dhar, A. R., & Tusher, T. R. (2021). Food security through employment generation in safari parks of Bangladesh: Empirical study from socio-economic perspectives. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(3), 285–293. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2020.11.010

Shukla, A., Mishra, A., & Dwivedi, Y. K. (2023). Expectation confirmation theory: A review. TheoryHub Book. https://open.ncl.ac.uk

Skinner, B. F. (1937). Two types of conditioned reflex: A reply to konorski and miller. Journal of general psychology, 16(1), 272–279. https://doi.org/10.1080/00221309.1937.9917951

Staddon, J. E. R., & Cerutti, D. T. (2003). Operant conditioning. Annual review of psychology, 54(February 2003), 115–144. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.54.101601.145124

Sugiama, A. G., Suhartanto, D., Lu, C. Y., Rediyasa, I. W., Sulaeman, R. P., & Renalda, F. M. (2024). Tourist satisfaction and revisit intention: the role of attraction, accessibility, and facilities of water park tourism. GeoJournal of Tourism and Geosites, 52(2), 257–266. https://doi.org/10.30892/gtg.52125-1202

Sujarwadi, B. (2020). Analisis kebutuhan informasi wisatawan dalam pengembangan desa wisata Kembangarum di Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 16–30.

Tamara, M. A., Di, W., Wisata, O., Setigi, P., Kecamatan, H., Lampung, R., & Tamara, M. A. (2024). Economics and digital business review pengaruh promosi, aksesibilitas dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Pantai Setigi Heni Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. 5(2), 555–569.

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621

Ulwan, N., & Mandasari, Y. (2022). And its impact on tourist loyalty at Padang Beach. 14(02), 27–33.

Wicaksono, M. A., & Muzdalifah, L. (2024). Peran consumer satisfaction pada pengaruh antara dinning experience terhadap revisit intention di Café Kawasan Kavling DPR Sidoarjo. Jurnal Ecogen, 7(1), 27. https://doi.org/10.24036/jmpe.v7i1.15686

Wulandari, A., Adi Cakranegara, P., Widyo Widjajanti, W., & Yaelt Lemus Vergara, A. (2022). Pengaruh fasilitas wisata, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pesisir Selatan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5339–5344. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1785

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Partial least square path modeling. Salemba infotek.