Anteseden Destination Loyalty Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat

Main Article Content

Rindi Handayanti Putri
Yadi Ernawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh cognitive destination image dan service quality terhadap destination loyalty dengan destination attachment sebagai variabel mediasi di Sarae Hills. Responden berjumlah 122 responden dengan teknik  purposive sampling. Pengumpulan data melalui metode cross-sectional dengan pendekatan survei. Data dianalisis menggunakan teknik partial-least-square-(PLS) dengan bantuan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cognitive destination image memengaruhi destination attachment dan destination loyalty. Namun, service quality ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty. Sedangkan destination attachment terbukti memediasi hubungan antara cognitive destination image terhadap destination loyalty. Studi ini memberikan wawasan baru mengenai penerapan teori S-O-R dan SET dalam konteks wisata alam buatan. Penelitian ini merekomendasikan pengelola Sarae Hills agar mengembangkan program pemasaran berbasis pengalaman yang secara strategis mendukung cognitive destination image.

Article Details

How to Cite
[1]
“Anteseden Destination Loyalty Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 146–156, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27250.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Anteseden Destination Loyalty Sarae Hills Kabupaten Bandung Barat”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 146–156, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27250.

References

Abidin, M. (2022). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (s-o-r) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran : Jurnal Komunikasi & Bahasa E-ISSN : 2723-7664. 3. https://doi.org/10.53565/nivedana.v3i1.335

Afroz, N. N., & Istiaque, A. N. A. (2022). Impact of the cognitive image on destination loyalty: a parallel mediation technique. Tourism and Sustainable Development Review, 3(1), 45–61. https://doi.org/10.31098/tsdr.v3i1.61

Barat, K. B., Urufi, Z., & Ramadhani, S. R. (2023). Identifikasi karakteristik wisatawan di kawasan wisata Sarae Hills , Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. FTSP Series 1689–1694.

Bidayah, M., & Rakhmawati, D. Y. (2024). Pengaruh brand experience, brand trust dan brand satisfaction terhadap brand loyalty melalui emotional brand attachment pada La Tulipe kosmetik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga JPTN 02(01), 1–6. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p172-186

Cahya, A. R., Ningrum, N. K., & Hutami, L. T. H. (2024). Pengaruh brand experience terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh brand affection , customer satisfaction , dan brand passion. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) 13(05), 1492–1506. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37325

Candiago, K., & Pramono, R. (2024). Pengaruh service quality dan brand image terhadap revisit intention melalui word of mouth. Open Journal Systems 19(1978), 4193–4206.

Christopher, A., Rahayu, M. L. dan P. P. S., & Megawati, V. (2022). Pengaruh service quality terhadap destination loyalty melalui mediasi destination image pada destinasi wisata Wakatobi http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/259809

Effendi, & Tukiran. (2012). Metode penelitian survei (edisi revisi). LP3S. Metode Penelitian Survei (Edisi Revisi). LP3S.

Hardiansyah, & Ernawadi, Y. (2024). Anteseden destination loyalty wisatawan Pantai Pangandaran. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ) 8(1), 675–688. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3750

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringie, C. M., & Sarstedt, M. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Rachmawati, I. K. (2020). Citra destinasi : pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 96–108. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.4246

Homans, G. C. (1961). Social Behavior : Its elementary forms . by George Caspar Homans Review by : A . C . Higgins. Oxford Journals, 40(2), 180–181.

Kurniawan, R., & Seti, S. (2023). Analisa pengaruh variabel independen terhadap travel intention wisatawan domestik ke resort di Kota Batam. Management Studies 4(5), 4793–4799. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2779

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. (2021). Building a customer loyalty through service quality mediated by customer satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(3), 38–45.

Lutfiyah, Z., & Fathor. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra destinasi terhadap loyalitas pengunjung wisata Mangrove dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1843–1856. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.803

Maulani, F. I. (2024). Pengaruh experience quality terhadap revisit intention melalui customer perceived value Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–8.

Mehrabian, A., & Russell, J, A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. M.I.T. Press

Mustafa, I. Y., Warlianti. A. E., (2024). Pengaruh daya tarik wisata kuliner Kota Cirebon terhadap kunjungan wisatawan Kota Cirebon. ISSN 2722-9475 (Cetak) Jurnal Inovasi Penelitian ISSN 2722-9467 (Online). https://doi.org/10.47492/jip.v4i9.3122

Khairanti, N., & Akhrani, L.A., (2023). Seberapa menarik Gunung Bromo? Studi korelasional antara destination image dan place attachment. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(1), 27–35. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.912

Ng, S. I., Lim, X. J., Hall, C. M., Tee, K. K., Basha, N. K., Ibrahim, W. S. N. B., & Naderi Koupaei, S. (2022). Time for tea: factors of service quality, memorable tourism experience and loyalty in sustainable tea tourism destination. Sustainability (Switzerland), 14(21), 1–19. https://doi.org/10.3390/su142114327

Noerhanifati, S. (2020). Pengaruh citra destinasi wisata dan pengalaman berwisata terhadap intensi mengunjungi kembali pada wisatawan obyek wisata pemandian air panas Gunung Torong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.46

Nugraheni, V. F., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Analisis pengaruh pengalaman wisata yang berkesan (memorable tourism experience) terhadap destination loyalty. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 1, 130–137. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1492

Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1985). A conceptual model of service quality and its i-mplications for future research. 49(1979), 41–50. American Marketing Association https://doi.org/10.1177/002224298504900403

Rizqy, A. M. F., & Roostika, R. (2023). Pengaruh daya tarik destinasi wisata terhadap loyalitas destinasi melalui kesejahteraan subjektif dan keterikatan destinasi sebagai mediator (studi kasus: destinasi wisata Di Magelang dan Yogyakarta). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(03), 77–94.

Satriawan, A. (2021). Pengaruh destination image terhadap revisit intention pada Wisata Pantai Menganti. Universitas Putra Bangsa.

Satriawan, A., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2022). Analisis destination image terhadap revisit intention melalui satisfaction dan place attachment: Profit: Jurnal Administrasi Bisnis , 16(1), 146–157. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2022.-16.01.16

Savitri, M. D. (2023). Place attachment dan loyalitas wisatawan: suatu tinjauan literatur. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(05), 1200–1208.

Setiaputri, M. D. (2024). Komunikasi pariwisata berdasarkan analisis sektor wisata di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 576–588. https://doi.org/10.5281/zenodo.10646491

Sihombing, A., & Ariyanto, H. H. (2024). Analisis place attachment dan familiarity terhadap destination loyalty pada pengunjung pantai di Kota Batam 1* Dame Afrina Sihombing, 2 Ellysabeth, 3 Hepy Hefri Ariyanto. 17(3), 8–11.

Sufyanto. (2024). Panorama history of social exchange theory sejarah panorama teori pertukaran sosial: Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1). https://doi.org/10.21070/kanal.v13i1.1800.PANORAMA

Vitoasmara, K. (2024). Gangguan mental ( mental disorders ). 3. Student Research Journal https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1230

Yurindera, N. (2022). Pengaruh brand attachment terhadap repurchase intention pada Kopi Kenangan dengan brand commitment dan brand loyalty sebagai variabel intervening. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04), 208–216. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1246

Zamiel Arifin, F. (2020). Pengaruh destination image terhadap place attachment Kota Tua Jakarta. Student Research Journal https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1230

Zhang. (2023). Pengalaman wisata dan citra destinasi: sebuah kajian pustaka sistematis. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.36256/ijtl.v4i2.347