Peran Visitor Engagement sebagai Mediator Pengaruh Education, Esthetics, dan Soundscape terhadap Revisit Intention Pengunjung Guha Pawon

Main Article Content

Muhammad Zahran Raihan
Yadi Ernawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh education, esthetics, dan soundscape terhadap revisit intention dengan peran mediasi visitor engagement pada wisatawan Guha Pawon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional studies, dan melibatkan 125 wisatawan. Instrumen penelitian telah diuji dan dinyatakan valid serta reliabel berdasarkan pengukuran outer model, yang mencakup convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability. Analisis data menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa esthetics dan soundscape berpengaruh positif terhadap visitor engagement. Selain itu, education, esthetics, dan visitor engagement berpengaruh positif terhadap revisit intention. Visitor engagement juga memediasi pengaruh esthetics dan soundscape terhadap revisit intention. Temuan ini tidak hanya memberikan kontribusi praktis bagi pengelolaan destinasi wisata, tetapi juga memperluas Experience Economy Theory melalui integrasi dimensi soundscape sebagai determinan visitor engagement.

Article Details

How to Cite
[1]
“Peran Visitor Engagement sebagai Mediator Pengaruh Education, Esthetics, dan Soundscape terhadap Revisit Intention Pengunjung Guha Pawon”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 108–114, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27253.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Peran Visitor Engagement sebagai Mediator Pengaruh Education, Esthetics, dan Soundscape terhadap Revisit Intention Pengunjung Guha Pawon”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 108–114, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27253.

References

Ahkemal Ismail, N. N., & Ramli, Z. (2018). Penemuan Artifak Di Tapak Gua Chawan, Hulu Kelantan (Gali Cari Fasa 1) (Artefacts Discovery At Gua Chawan Site, Hulu Kelantan (Excavation Phase 1)). Asian Journal of Envitonment, History and Heritage, 2(June), 171–184.

Atsarina, A. I. N., & Nurcahyanto, H. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Taman Kyai Langgeng Di Kota Magelang. Journal of Public Policy and Management, 7(9), 544-56i.

Dash, p, C., & samantaray, m, N. (2018). International Journal of Event and Festival Management Article information : International Journal of Event and Festival Management, 9(1), 104–119.

Donny, iqbal. (2018). No Title. Mongabay.Com. https://www.mongabay.co.id/2018/12/19/goa-pawon-rumah-manusia-purba-yang-terancam-tambang-kapur/

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei (Edisi Revisi). LP3S. Metode Penelitian Survei (Edisi Revisi). LP3S.

Lee, S., Jeong, E., & Qu, K. (2020). Exploring Theme Park Visitors’ Experience on Satisfaction and Revisit Intention: A Utilization of Experience Economy Model. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 21(4), 474–497. https://doi.org/10.1080/1528008X.2019.1691702

Pine, & Gilmore. (1998). Welcome to the Experience Economy. Harvard Business Review, 76(4), 97–105.

Şeker, F., & Unur, K. (2022). The experience economy analysis of distinct destinations. Journal of Multidisciplinary Academic Tourism, 7(2), 31–43. https://doi.org/10.31822/jomat.2022-7-2-31

Zulfikar, M. Z., & Ernawadi, Y. (2024). Kontribusi Natural Soundscape , Memorable Tourism Experience dan Natural Landscape Dalam Meningkatkan Destination Loyality Wisatawan Tahura Djuanda Bandung. 359–367.