Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Syifaul Karima
Listiyani Siti Romlah
Sa’idy
Era Octafiona
Baharudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Project Based Learning pada hasil belajar siswa di SMP Ma’arif 09 Way Jepara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Eksperimen Semu. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dibandingkan dengan model Direct Learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < P Value yakni 0,00 < 0,05., yang berarti model Project Based Learning secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi (M = 79,00) dibandingkan dengan kelas kontrol (M = 62,50) Hasil tersebut menunjukan bahwa Project Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam karena model ini mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendorong mereka dalam memahami materi melalui project yang relevan. Oleh karena itu, penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah perlu lebih dioptimalkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
“Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 24–33, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.27340.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 24–33, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.27340.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Amilin A. Bulungo. (2023). Hakikat pendidikan Islam dalam konteks pengembangan potensi manusia. Jurnal Fastabiqulkhairaat, 4(1), 19–28.

Anggara, M., Samsudin, A., Siliwangi, I., Jendral, J. T., & Cimahi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar: model project based learning, pemahaman konsep penjumlahan, siswa kelas 1 SD. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62–71. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/600

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Buku Siswa Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Manurung, F., Sihombing, B., & Simarmata, G. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Spldv Kelas VIII Smp Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023 / 2024. Journal Of Social Science Research, 4(1), 3460–3473.

Mea, F., Tinggi, S., Kristen, A., Bangsa, A., Guru, K., Guru, I., & Dinamis, K. (2024). Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan. 4(3), 252–275.

Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361

Nurillah, H. S., Fatayah, F., & Purwanto, K. K. (2023). Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Peningkatakan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n1.p17-22

Octafiona Era, S. E., & Fuad, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Model Pembelajaran (Pjbl) Untuk Kelas Ix. 1, 1–12.

R. Septianingsih, D. Safitri, S. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas X TKJ 1 SMKS Dwi Putra Bangsa Cimanggu Elis. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13.

Ramadhan, A. (2024). Jurnal Tarbiyah bil Qalam. 1–7.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Mipta, R. A., Janah, M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. In Jurnal Pendidikan Tambusai (Vol. 6, Issue 1). Jurnal Pendidikan Tambusai.

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081

Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Takda, A., Sarman, S., Fayanto, S., & ... (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create and Share) & Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah …. Jurnal Dedikasi …, 8848(2), 383–393.

Udin, A., & Fitriyadi, M. (2023). Dirayah : Jurnal Ilmu Hadis Tinjauan Historis Ilmu Hadis Dan Kodifikasinya. Dirayah: Jurnal Ilmu Hadis, 03.

Undari, M., Darmansyah, & Desyandri. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.1970

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa 3 . Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek Proses Dan Hasil Proyek Laporan Dan Presentase Publikasi Hasil Proyek 4 . Penyelesaian Proyek Dengan Fasilitas dan Mo. Jurnal Edutech, 5(1), 84–88.