Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Syifaul Karima
Listiyani Siti Romlah
Sa’idy
Era Octafiona
Baharudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Project Based Learning pada hasil belajar siswa di SMP Ma’arif 09 Way Jepara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Eksperimen Semu. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning dibandingkan dengan model Direct Learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < P Value yakni 0,00 < 0,05., yang berarti model Project Based Learning secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi (M = 79,00) dibandingkan dengan kelas kontrol (M = 62,50) Hasil tersebut menunjukan bahwa Project Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam karena model ini mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendorong mereka dalam memahami materi melalui project yang relevan. Oleh karena itu, penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah perlu lebih dioptimalkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
“Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.27340.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.27340.