Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Titrasi Asam Basa

Main Article Content

Mutiara Panca Putri Sinuhaji
Ramlan Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Android untuk materi Titrasi Asam Basa pada siswa kelas XI di SMAN 1 Pancur Batu Deli Serdang, serta menilai tingkat kelayakan dan respons pengguna terhadap media tersebut. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi menjadi Define, Design, dan Development. Instrumen berupa wawancara dan kuesioner yang telah divalidasi digunakan untuk memperoleh data dari ahli materi dan media, yang melibatkan empat dosen Kimia Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Android yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang baik, dengan rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 75% dan validator ahli media sebesar 88%. Media ini dinyatakan menarik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Titrasi Asam Basa”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 115–121, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27393.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Titrasi Asam Basa”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 115–121, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27393.

References

Anjelia, E., Arcana, I. N., & Kusumaningrum, B. (2022). Development of learning videos using Videoscribe tools in statistics learning at the junior high school of Muhammadiyah Koba. *Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika*, 10(3), 371–380.

Arumugam, P., Talib, C. A., & Aliyu, F. (2020). Teaching and learning chemistry using smartphones. *Innovative Teaching and Learning Journal*, 4(1).

Cahyana, U., Janah, F., & Budi, S. (2021). Development of mobile learning integrated with learning management system (LMS) on buffer solutions topic. *Jurnal Tadris Kimiya*, 6(2).

Cahyana, U., Yusmaniar, Y., & Zahari, P. A. (2019). Development of mobile learning on acid and base to improve student performance. *Journal of Physics: Conference Series*, 1402(5), 055062. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055062

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. *Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang*.

Moko, S. N. A., Rahmat, A., & Husain, R. (2021). Usage of audio-visual media in science learning in class IV elementary school. *European Journal of Humanities and Educational Advances*, 2(11), 110–112.

Mulyasa, E. (2017). *Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi*. Remaja Rosdakarya.

Nurhayani, N., Silaban, R., Zubir, M., & Nurfajriani, N. (2022). Development of acid-base titration e-module based on blended learning with Kvisoft Flipbook Maker application to improve student learning outcomes. In *Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2022)* (pp. 196–203). Medan, Indonesia.

Nazar, M., Puspita, K., & Yaqin, H. (2022). Android-based mobile learning resource for chemistry students in comprehending the concept of redox reactions. *International Journal of Interactive Mobile Technologies*, 16(3), 50–62.

Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran mobile learning untuk siswa SMA. *Jurnal Teknologi Pendidikan*, 5(1), 38–56.

Pierre, D. (2019). Acid-base titration. *Undergraduate Journal of Mathematical Modeling*, 10(1), 8.

Silaban, R., & Panggabean, M. V. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada materi keseimbangan kimia. *Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia*, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.24176/jipk.v4i1.7954

Sugiyono. (2019). *Metode Penelitian Kuantitatif*. Alfabeta.

Safriwardy, F., Nasrah, S., & Wansah, Z. (2022). Development of learning modules for welding techniques of shield metal arc welding (SMAW) on manual arc welding engineering subjects at vocational schools. *International Journal for Educational and Vocational Studies*, 4(2), 136–143.

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan media pembelajaran kimia berbasis Android. *Jurnal Warta Desa (JWD)*, 5(1), 42–47.