Homesickness pada Santri Pesantren: Peran Sense of Belonging dan Pola Asuh

Main Article Content

Rihab Said Aqil
Muhammad Fakhrurrozi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh dan sense of belonging terhadap tingkat homesickness pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, serta teknik analisis regresi linier berganda. Sampel terdiri dari 231 santri laki-laki dan perempuan berusia 11–16 tahun yang tinggal di salah satu pesantren di Jakarta, dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan meliputi Skala Pola Asuh (SPS), Skala Sense of Belonging (SOBS-R), dan Skala Homesickness (HS) yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sense of belonging berpengaruh negatif signifikan terhadap homesickness (β = -0,571; p = 0,000), sedangkan pola asuh tidak memiliki pengaruh yang signifikan (β = 0,100; p = 0,177). Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap homesickness dengan nilai F = 31,075 (p = 0,000) dan kontribusi sebesar 29,3% terhadap variabel dependen. Temuan ini menunjukkan bahwa meningkatkan sense of belonging santri dapat menjadi strategi penting untuk mengurangi homesickness di lingkungan pesantren. Oleh karena itu, diperlukan intervensi psikososial melalui penguatan dukungan sosial dan kenyamanan lingkungan pesantren untuk membangun rasa keterikatan santri terhadap komunitasnya.

Article Details

How to Cite
[1]
“Homesickness pada Santri Pesantren: Peran Sense of Belonging dan Pola Asuh”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 122–131, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27458.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Homesickness pada Santri Pesantren: Peran Sense of Belonging dan Pola Asuh”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 122–131, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27458.

References

Anwar, F. & Julia, P. (2021). The application of mental health at islamic boarding schools. The proceeding book of the 4th international conference on multidisciplinary research, 04 (1).

Nufus, Y. (2024). Hubungan quality of friendship dengan homesickness pada santri baru tingkat smp/mts di dayah modern darul ulum banda aceh. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ferrara, T. (2020). Understanding Homesickness: A Review of the Literature. Journal for Leadership and Instruction.

Shal, R. Z., Sharbaf, H. A., Abdekhodaee, M. S., Masoleh, S. M. K. & Shalehi, I. (2011).Survey the relationship between attachment style and general self efficacy with homesickness among college students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30 (2011) 538 – 541.

Sun, J. Hagedorn. L. S., & Zhang, Y. (2016). Homesickness at College: Its Impact on Academic Performance and Retention. Journal of College Student Development, 57 (8), 943-957.

Lestari, M. (2021). Hubungan antara sense of belonging dengan homesickness pada siswa baru di pondok pesantren. Al Qalb, 12(1), 39-50.

Watt, S.E. & Badger, A. J. (2009). Effect of social belonging on homesickness: an application of the belongingness hypothesis. Personality and Social Psychology Bulletin.

Burton, D.R. (2018). University Belonging and Well-Being Across Contexts, Thesis. Oxford: University of Mississippi.

Nijhof, K. S. & Engels, R.C.M.E. (2007). Parenting styles, coping strategies, and the expression of homesickness. Journal of Adolescence, 30(5), 709-720.

Benn, L., Harvey, J.E., Gilbert, P. & Irons, C. (2005). Social rank, interpersonal trust and recall of parental rearing in relation to homesickness. Personality and Individual Differences, 38 (2005), 1813-1822.

Tancharoensuk, K. Thongpak, N. & Tiamtiporn, W. (2022). Homesickness syndrome of boarding school students at one boarding school in kanchanaburi province. Academic Journal of Thailand National Sports University, 14 (2), 123–134.

Shasra, S. F. (2022). Gambaran homesickness siswa baru di pondok pesantren. Nusantara: Journal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (4), 1247-1252.

Yasmin, M., & Daulay, D. A. (2017). Gambaran homesickness pada siswa baru di lingkungan pesantren: homesickness in new student in islamic boarding school. Psikologia: Journal Pemikirian dan Penelitian Psikologi, 12(3), 165-172.

Stroebe, M., Schut, H., and Nauta, M. H. (2015). Is homesickness a mini-grief? development of a dual process model. Clinical Psychology Science, 4(2), 344–358.

Allen, K., Kern, M. L. Rozek, C. S. McInerney, D. M, & Slavic, G.M. (2021). Belonging: a review of conceptual issues, an integrative framework and directions for future research, Australian Journal of Psychology, 73(1), 87-102.

Pipin, P. & Yasmin, M. (2023). Perbedaan homesickness ditinjau dari gender pada siswa baru di lingkungan pesantren. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 1053-1059.

Yunawan, A. Intan. (2019). Homesickness pada santri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sünbül, Z. A. & Çekici F. (2018). Homesickness in the first-year college students: the role of personality and attachment styles, International Journal of Social Sciences and Education Research, 4(3), 412-420.

Abdul Gafoor, K., & Kurukkan, A. (2014). Construction and validation of scale of parenting style. Guru Journal of Behavioral and Social Sciences, 2(4), 315-323.

Hoffman, M., Richmond, J., Morrow, J., & Salomone, K. (2002). Investigating “sense of belonging” in first-year college students. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 4(3), 227–256.

Archer, J., Ireland, J., Amos, S. L., Broad, H., & Currid, L. (1998). Derivation of a homesickness scale. British Journal of Psychology, 89(2), 205-221.

Zulkarnain, Z., Daulay, D.A., Yusuf, E.A., Yasmin, M. (2019). homesickness, locus of control and social support among first-year boarding-school students. Psychology in Russia: State of the Art, 12(2), 134–145.

Sukumar, S. Homesickness and Students’ Mental Health in Boarding Schools https://educationtodayonline.com/2022/11/15/magazines/homesickness-and-students-mental-health-in-boarding-schools/

Nafisah, N. A. & Amin, A. (2023). Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Homesickness Santri Baru Di Pondok Pesantren Al Amien Jember (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).

Salmi, N. F., & Yasmin, M. (2023). Attachment dan homesickness siswa baru di lingkungan Pondok Pesantren. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-8.

Nursafitri, S., Julianto, J., Fitria, I., & Rosnidawati, R. (2024). Hubungan Antara Internal Locus Of Control Dengan Homesickness Pada Santri Baru di Pondok Pesantren Insan Quráni Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Psikologi Ar-Raniry, 2(1), 1-8.

Yasmin, M. (2023). Kontribusi Friendship Quality Terhadap Homesickness Pada Siswa Baru Perempuan Di Pondok Pesantren Kabupaten Agama. CAUSALITA: Journal of Psychology, 1(3), 38-42.

Rahma, S. A. Pelatihan Remaja Tangguh Untuk Menurunkan Homesickness Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Integratif, 13(1), 34-54.

Fatimatuzzuhroh (2024) Hubungan antara self efficacy dan dukungan sosial dengan homesickness pada santri baru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya

Sefianmi, D., Rahmi, S. S., & Ernawati, L. (2024). Homesickness: Kaitannya Dengan Dukungan Teman Sebaya Pada Santri. Jurnal Education And Development, 12(2), 1-5.

Vamelia, N., & Yasmin, M. (2023). Perbedaan Homesicknes Pada Siswa Tahun Pertama, Kedua dan Ketiga di Pesantren. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(4), 86-94.