Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Negeri Satu Buana Mustika. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar kinestetik, observasi, dan tes hasil belajar materi shalat Jumat. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji statistik menggunakan uji T dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan retensi materi yang lebih baik melalui gerakan dan praktik langsung serta lebih menyukai aktivitas fisik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya belajar kinestetik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI, khususnya untuk materi praktik.
Article Details
How to Cite
[1]
“Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27657.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27657.