Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik

Main Article Content

Assidiq Nur Ikhsan
Jumrodah
Ali Iskandar Zulkarnain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Negeri Satu Buana Mustika. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar kinestetik, observasi, dan tes hasil belajar materi shalat Jumat. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji statistik menggunakan uji T dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan retensi materi yang lebih baik melalui gerakan dan praktik langsung serta lebih menyukai aktivitas fisik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya belajar kinestetik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI, khususnya untuk materi praktik.

Article Details

How to Cite
[1]
“Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27657.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.27657.