Implementasi Kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Efektif untuk Pembelajaran Praktik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Negeri Satu Buana Mustika. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar kinestetik, observasi, dan tes hasil belajar materi shalat Jumat. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji statistik menggunakan uji T dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan retensi materi yang lebih baik melalui gerakan dan praktik langsung serta lebih menyukai aktivitas fisik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya belajar kinestetik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI, khususnya untuk materi praktik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Al-Rasheed, M. (2018). Movement-based learning in teaching Islamic rituals. International Journal of Islamic Studies and Education, 4(2).
Anggreini Putri, S. M., Kasmiati, & Rosyadi, A. F. (2024). Pengaruh Senam Fantasi Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Simpang Sungai Duren. Pelangi, 6(2), 268–280.
Arif, M., Hayati, N., Afrinaldi, Saputri, S., & Ridwan. (2022). Gaya Belajar dan Kreatifitas Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 231–245. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).10029
Astuti, N. F., & Firdaus, A. M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri Bontoramba Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 38–44.
Aswanto, F., Yusri, F., & Kurniawan, H. (2024). Analisis Gaya Belajar VAK ( Visual , Auditorial , Kinestetik ) Siswa di MTsN 4 Pasaman Barat. 3(1), 116–127.
Behrendt, M., & Franklin, T. (2014). A Review of Research on School Field Trips and Their Value in Education. International Journal of Environmental & Science Education, 9, 235–245.
Hattie, J. (2021). Visible learning. A Synthesis of over 800 Metaanaly.
Hima, F. (2022). Model Pembelajaran Kinestetik Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Zainul Hasan Genggong-Pajarakan Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1067–1078.
Ifan, J. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Kolb, D. A. (1999). Learning style inventory. McBer and Company Boston, MA.
Kolifah, P. N. (2024). Analisis Upaya Guru Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Kinestetik Di Kelas 3 SD Plus Al-Kautsar Malang. In UIN Maulana Malik Ibrahim.
Lestari, R. W., & Friska, N. (2024). Pengoptimalisasian Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Cerdas Ceria Siswa RA Melyaz Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan yang unik . Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal. 2(3), 94–105.
Mufidah, L.-L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 2, pp. 245–260). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260
Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains QurAn Yogyakata. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113–130.
Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301
Novita, A., Wulandari, L., Rosydiyah, E. F., & Ariandi, A. (2022). Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Berbeda pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 19–33.
Parwati, S. (2024). Analisi Gaya Belajar Visual, Ouditori dan Kinestetik Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Sesait, Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2098–2103.
Pramesti, N. M. I., & Ratnadi, N. M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial Dan Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi.
Pratiwi, C. I., & Rukiyah. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia (5-6) Tahun Pada Saat Covid-19 Di Desa Mambang Musi Rawas. 23(01).
Purwanti, C. I., & Fanani, A. (2024). Pengembangan Media Digital Interaktif Pendukung Kelompok Auditori pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV di SDN Margorejo 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 201–210.
Putri, S., Cindrya, E., & Laila, N. (2024). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Di TK PGRI Tanjung Batu Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 86–95. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7411
Sampurna, R. B., Muncarno, M., & Perdana, R. (2022). Pengaruh Bimbingan Orang Tua melalui Aktivitas Belajar dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1392
Shafa Anis Salsabila, Ilham Badaruddin Mataburu, & Lia Kusumawati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakarta. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(2), 111–119. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i2.3586
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widodo, R., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Berbantuan Pamflet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1797–1803. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2573