Kebijakan Penggunaan Media Sosial bagi Siswa: Studi kasus di MAS Tahfizil Quran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan yang diterapkan oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tahfizil Qur’an terkait penggunaan media sosial oleh para siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pihak terkait, dan analisis dokumentasi sekolah. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah tidak secara mutlak melarang siswa untuk menggunakan media sosial, namun tetap memberlakukan pengawasan yang ketat guna memastikan bahwa aktivitas daring para siswa tidak bertentangan dengan nilai-nilai pendidikan dan etika yang dianut oleh madrasah. Dalam hal ini, sekolah memiliki kebijakan yang tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan siswa melalui media sosial, seperti menyebarkan konten negatif, ujaran kebencian, atau perilaku tidak pantas lainnya. Sanksi yang diberikan disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan, sebagai bagian dari proses pembinaan karakter dan disiplin siswa. Kebijakan ini mencerminkan upaya sekolah dalam menjaga keseimbangan antara perkembangan teknologi digital dan pembentukan akhlak mulia dalam lingkungan pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33-48.
Ananda, E. R. (2023). Analisis dampak penggunaan teknologi media sosial terhadap perilaku bullying di kalangan siswa sekolah dasar ditinjau dari nilai karakter self-confident siswa dalam konteks pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2207–2217.
Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan media sosial dikalangan anak sekolah dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 48-52.
Aprilia, C. A., Wahyuni, S. I., & Sari, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Generasi Z Sebagai Media Pembelajaran Era Post Pandemi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(3), 530-536.
Asiseh, W., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh motivasi dan supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan penggunaan media audio visual pada guru TK. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 1839–1846.
Astuti, F. D., Anra, Y., & Wulandari, B. A. (2021). Belajar dan penggunaan media video YouTube terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Edukasi Sejarah dan Humaniora, 2(2), 813–825.
D. A. N., & Ziaulhaq, W. (2021). Kebijakan kepala madrasah dalam penggunaan media sosial siswa di MAN 1 Talasapang. Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 18–29.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10.
Holeng, F., Yasinto, Y., Cozmas, F., Niha, S. S., & Henny, A. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, mutu guru, proses pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran terhadap mutu sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 246–254.
Mus, A. R., Halim, A., & Bunyamin, A. (2022). Kepemimpinan kepala madrasah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan Islam. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 6(2), 150–161.
Nizar, M. A. K. (2022). Perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran berbasis digital di Madrasah Tsanawiyah Swasta. Jurnal Kependidikan dan Pembelajaran Islam, 4(4), 6057–6065.
Purnomo, H., Jafar, Nurhayati, & Uyun, Z. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial dan interaksi fisik terhadap kualitas hidup dan kesejahteraan psikologis remaja di sekolah menengah pertama di Jakarta. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 2(12), 19–30.
Samsiah, R., & Samsul, N. (2023). Pelatihan untuk meningkatkan maharah kalam melalui model pembelajaran snowball throwing di MTs Islamic Centre Medan Sumatera Utara. Jurnal Tarbiyah dan Keguruan, 6(3), 392–398.
Saputra, T. E. Y. S., Surahim, I., Syamsuddin, S., Jamilda, N. G., & Al-Maskati, K. (2025). Kebijakan Penggunaan Media Sosial Bagi Generasi Muda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(3), 1020-1023.
Syahraini, K., Zakariah, A., & Novita, N. (2024). Peran Media Sosial terhadap Perilaku Peserta Didik di Era Globalisasi. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 118-128.