Implementasi Problem Based Learning dalam Penguatan Sikap Moderat dan Toleran Siswa pada Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengevaluasi dampaknya terhadap pembentukan sikap moderat dan toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, berlokasi di SMA Ma’arif Sukorejo kelas 11. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penerapan PBL dilakukan secara sistematis melalui tahapan identifikasi masalah, diskusi kelompok, penggalian informasi, penyusunan solusi, dan refleksi. Indikator keberhasilan implementasi PBL terlihat dari meningkatnya partisipasi aktif siswa dalam diskusi, kemampuan berpikir kritis terhadap persoalan sosial-keagamaan, dan kemampuan menyampaikan pendapat secara santun. Selain itu, siswa menunjukkan empati yang lebih tinggi terhadap perbedaan serta pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai Islam yang moderat, seperti toleransi, keadilan, dan ukhuwah. Proses belajar berlangsung secara kolaboratif dengan guru berperan sebagai fasilitator. Secara keseluruhan, PBL terbukti relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI guna membentuk karakter siswa yang inklusif dan toleran di tengah masyarakat yang majemuk.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355.
Arifin, M. I., & Syafitri, H. (2020). Implementasi Model PBL untuk Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran PAI. Jurnal At-Ta’lim, 19(1), 45–58. https://doi.org/10.30845/attalim.v19i1.8889
Azizah, N., & Munir, M. (2021). Moderasi Beragama sebagai Tujuan Pembelajaran PAI melalui Metode PBL. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 41–53.
Fitriana, E., & Mahmudah, U. (2023). Problem Based Learning dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Empati dan Toleransi Siswa. Jurnal Lentera Pendidikan Islam, 9(1), 64–78.
Halimah, S. (2018). Memangkas paham intoleran dan radikalisme melalui pembelajaran agama Islam yang bervisi rahmatan lil alamin. Jurnal Al-Makrifat, 3(2).
Hani Hiqmatunnisa, & Ashif Az Zafi. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di Ptkin Menggunakan Konsep Problem-Based Learning. Jipis, 29(1), 27–35. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546
Harahap, Z., & Pasaribu, M. (2025). Al-Mutharahah : 22(01), 880–903. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.
Iskandar, T., & Wahyuni, D. (2020). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah sebagai Sarana Penguatan Karakter Toleran di SMA. Jurnal Tarbiyah dan Pendidikan Islam, 8(2), 99–113.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Junaidi, Sileuw, M., & Faisal. (2023). Integration of the Independent Curriculum in Islamic Religious Education (PAI) Learning. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 40–47.
Khoiriyah, B. K., & Murni, M. (2021). Peran Teori “Discovery Learning” Jerome Bruner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20
Khoiriyah, L., & Murni, S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 29–43.
Kurniawan, R. (2022). Model Problem Based Learning dalam Pendidikan Islam: Membangun Karakter Kritis dan Toleran. Jurnal Edukasi Islami, 11(1), 100–112.
Lestari, D., & Huda, N. (2021). Pengembangan Karakter Moderat Siswa melalui Pendekatan PBL pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Cendekia: Studi Keislaman dan Pendidikan, 6(2), 231–246.
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.1-11
Muhtarom, D. A., Siswanto, N. D., Amri, U., & Alim, A. (2024). Suplemen Toleransi pada Materi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Menengah Pertama. Academy of Education Journal, 15(1), 666–679. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2281
Najmuddin, M., & Rizal, S. U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Menghindari Ghibah Dan Menumbuhkan Tabayun. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 1335–1342.
Nurhakim, N., Adriansyah, M. I., & Dewi, D. A. (2024). Intoleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.126
Rahman, S. A., & Ramli, M. (2024). Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. INFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 62–81.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42. http://jurnal.tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/al-fikr
Samad, A. B. (2024). Penerapan Teknik Dialog Socrates untuk Mengurangi Perilaku Intoleransi Siswa Kelas XI SMA Negeri 21 Makassar. 1(3), 1–16.
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Triono, A., Aflachah, S. I., Hidayah, N., Al-Qowim, M. I. I., & Radianti, A. (2023). Problem-based learning in Islamic Education subject to build students’ morals in online learning (pandemic experiences). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 28(1), 80–97. https://doi.org/10.24090/insania.v28i1.6922