Analisis Penanaman Karakter Islami Peserta Didik Melalui Penerapan Budaya Islami

Main Article Content

Ismail Effendi Nasution
Mahariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter budaya Islami peserta didik melalui penerapan budaya Islami di SMP Ira Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan uji keabsahan data, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sholat Dhuha setiap hari, sholat Dzuhur berjama’ah, mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan muhasabah pada peserta didik setiap hari Jumat pekan 3 setiap bulan yang dapat membentuk karakter Islami peserta didik terhadap aspek sifat kejujuran (shiiddiq), ketika diberi tugas oleh guru siswa tidak menyontek kepada temannya dan mengerjakan tugas sekolah sendiri apa adanya, sifat amanah, ketika guru memberikan tanggung jawab kepada siswa seperti menepati janji untuk mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR) sesuai dengan waktu yang ditetapkan guru, sikap sabar dalam menunut ilmu dengan lapang dada dan bertanya kepada guru ketika belum memahami pelajaran, sifat bersyukur dengan nilai raport yang diberikan guru sebagai hasil belajar siswa untuk  membentuk motivasi belajar siswa, sifat Ikhlas tertanam pada peserta didik melalui kegiatan sedekah Jumat di sekolah dan sikap rendah hati serta tidak sombong  untuk sama-sama belajar, berkomunikasi dan memecahkan masalah dengan kekompakan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Analisis Penanaman Karakter Islami Peserta Didik Melalui Penerapan Budaya Islami”, intelektualita, vol. 14, no. 2, pp. 258–270, Aug. 2025, doi: 10.19109/6hh3bt96.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Penanaman Karakter Islami Peserta Didik Melalui Penerapan Budaya Islami”, intelektualita, vol. 14, no. 2, pp. 258–270, Aug. 2025, doi: 10.19109/6hh3bt96.

References

Ahmad, A. (2024). Analisis budaya sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di MIN 7 Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Akhmad, R. (2018). Membangun karakter siswa melalui budaya sekolah. Jurnal Sains dan Seni ITS, 18(2), 51–66.

Al-Ghazali. (1998). Terjemah Kitab Ihya’ Ulumuddin. Al-Hidayah.

Al Faruq, U., & Noviani, D. (2021). Islam program studi pendidikan agama Islam. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 58–77.

Amin, K., & Salim, A. (2018). Ensiklopedi Islam Nusantara edisi budaya. Kementerian Agama RI.

Amirullah, Tafsir, A., Husaini, A., & Mujahidin, E. (2019). Makna budaya ilmu dalam literatur Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 267–286.

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Buku pengantar evaluasi program pendidikan (Vol. 53, Issue 9). Perdana Publishing.

Tejokusumo, B. (2022). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Universitas Negeri Malang.

Bastomi, H. (2017). Menuju bimbingan konseling Islami. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.4434

Cahyani, R. R., Wulandari, P. A., & Jannah, I. M. (2020). Implementasi budaya sekolah dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs Mambaus Sholihin. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 124–140. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.124-140

Fitriani. (2020). Perspektif baru dalam perkembangan psikologi modern. Dalam M. N. Mahmood (Ed.), Pengantar psikologi: Suatu pengenalan asas kepada jiwa dan tingkah laku manusia (Issue M).

Hasibuan, T. G., Siahaan, A., & Syukri, M. (2019). Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di MAN Labuhan Batu. Jurnal Fadillah, 1(3), 14.

Ibnu Kathir, I. Ad-D. A. Al-F. I. I. A. (2018). Terjemah Tafsir Ibn Kathir Volumes 1–10 (In the English language with Arabic verses) (Vol. 10, p. 1000). Tafseer.

Sholihah, I. M. (2015). Misteri dahsyatnya sholat tahajjud, subuh dan dhuha. Media Ilmu Abadi.

Irmawati, S. (2021). Penerapan budaya Islami di lingkungan sekolah. GUAU: Jurnal Pendidikan Guru Agama Islam, 1(3), 281–287.

Jumroatun, L., Burhanuddin, B., & Sobri, A. Y. (2018). Implementasi budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 206–212. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p206

Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.

Kurnia, A., & Qomaruzzaman, B. (2012). Membangun budaya sekolah. Dalam R. K. Soenendar (Ed.), Simbiosa Rekatama Media. https://doi.org/10.22515/ajpif.v14i2.893

Lutfiana, R. F., Mey, R. A. A., & Handayani, T. (2021). Analisis implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 174–183. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.35499

Mashudi, K. (2019). Telaah Tafsir Al-Muyassar. Inteligensia Media.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (3rd ed.).

Althof, M. (2019). Analisis budaya sekolah dalam pembentukan karakter di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Pendidikan, M. (2018). Pendidikan karakter melalui budaya Islami di sekolah pada MI Muhammadiyah Karanganyar.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sagala, S. (2005). Manajemen berbasis madrasah, dan masyarakat strategi memenangkan persaingan mutu. Nimas Multima.

Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural. Garis Kalam Utama.