Efektivitas Program Literasi Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa

Main Article Content

Khaidah Try Apnisyah Sitorus
Nasrun Salim Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program literasi Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian data yang telah diambil dan terkumpul dianalisis dan diuji keabsahan datanya agar penelitian lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya melalui kegiatan utama program literasi Al-Qur’an yaitu tadarus Al-Qur’an setiap pagi, tahsin bacaan memperbaiki cara membaca Al-Qur’an sesuai tajwid, tahfiz harian terutama fokus pada juz 30, kultum/tausiah Jumat serta membaca surah Alkahfi bergiliran oleh siswa, jurnal literasi qurani yang ditulis siswa sebagai refleksi dari ayat-ayat yang dibaca, dan tadabbur ayat dengan penjelasan singkat dari isi dan makna ayat Al-Qur’an berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang makna ayat, konsep-konsep Islam, dan aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan ini diukur melalui hasil tes pemahaman, observasi kelas, dan umpan balik dari siswa, yang menunjukkan bahwa lebih mampu mengaitkan ajaran Al-Qur’an dengan situasi sehari-hari mereka. Program ini juga berkontribusi pada penguatan karakter religius siswa dengan meningkatkan kesadaran spiritual dan kepatuhan pada ajaran agama. Hal ini menunjukkan adanya dampak positif dari program literasi Al-Qur’an dalam karakter religius siswa

Article Details

How to Cite
[1]
“Efektivitas Program Literasi Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa”, intelektualita, vol. 14, no. 2, pp. 284–296, Aug. 2025, doi: 10.19109/94a4nq21.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Program Literasi Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa”, intelektualita, vol. 14, no. 2, pp. 284–296, Aug. 2025, doi: 10.19109/94a4nq21.

References

Amando, F. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Mohammad Natsir.

Auliyah, Y. A. Z., Amrulloh, M., & Hikmah, K. (2023). Analisis penguatan karakter religius siswa kelas III melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 2 Gempol. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 414–423.

Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social learning theory (Vol. 1). Prentice hall Englewood Cliffs, NJ.

Barkah, A. P. (2023). Metode Talaqqi Dan Muraja ’ Ah Dalam Upaya Menghafal Al- Qur ’ an Pada Anak.

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard university press.

Ebbinghaus, H. (1885). 1885: Memory: a contribution to experimental psychology. Über Das Gedächtnis: Untersuchungen Zur Experimentellen Psychologie.

Fauzi, R. (2024). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Hadis. FU.

Habibah, P. N. (2025). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Menguatkan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di Daerah 3T: Studi Kasus MI Al-Ma’arif Merauke Papua Selatan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Hermansyah, H., Aras, I., & Harun, F. (2020). Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 95–105.

Inten, D. N., Aziz, H., Mulyani, D., & Nurhakim, H. Q. (2023). Pendampingan guru madrasah diniyyah dalam melaksanakan pembelajaran literasi Al-Qur’an melalui model PAIKEM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2259–2266.

Ismaraidha, dkk. (2024). Pendidikan karakter religius melalui budaya literasi Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362.

Kohlberg, L. (1981). The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of justice.

Lickona, T. (1992). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Mahmudah, I. (2023). Jurdar: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurdar: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.

Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Qur’an Dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’i Dalam Kajian Literasi). Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 81–90.

Maulana, I. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Al-Qur’an. AL-MUNADZOMAH, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v2i1.397

Muchtar, I., & Getteng, A. R. (2022). Evaluasi Program Literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Bulukumba (Studi Evaluasi Model Context, Input, Process, dan Product). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1212–1226.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi.

Nur, M. I. (2021). Implementasi Program Literasi Al Qur ’ an Dalam Membina Religiusitas Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Palopo. Repository.Iainpalopo.Ac.Id. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3564/1/MUH. IQBAL NUR 2021.pdf

Piaget, J. (1976). The grasp of consciousness: Action and concept in the young child.(Trans by S. Wedgwood).

Putri & Inayati. (2023). Implementasi Program Literasi Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Putri, N. A., & Rohman, F. (2024). Evaluasi dampak program literasi al-qur’an terhadap penguatan karakter religius siswa sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 766–778.

Riani, S. (2021). Efektivitas pembelajaran tutor sebayanya (peer tutoring) untuk meningkatkan baca Al Qur'an di SMA Negeri 1 Teupah Tengah (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Sari, K. P., & Mahariah, M. (2023). Literasi Al-Quran di Sekolah: Program Akselerasi Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Quran. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 587–604.

Tajfel, H., Turner, J., Austin, W. G., & Worchel, S. (2001). An integrative theory of intergroup conflict. Intergroup Relations: Essential Readings, 94–109.

Velasufah, W., & Nasriva, W. N. (2022). Indeks Literasi Al-Qur’an di Indonesia.

Wenny, L. S. (2021). Literasi Informasi berdasarkan Surah Al-Alaq. Maktabatuna, 3(1), 80–95.

Yusro, N., & Hajjah Ristianti, D. (2023). Implementasi Program Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Zen, N. I. (2023). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), 8–18. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72491/1/11180110000064_Nurul Izza Zen%28Watermark%29.pdf