Efektivitas Metode Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Anwar Padomasan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Amtsilati, dengan pendekatan berbasis contoh dan latihan aplikatif, mampu meningkatkan keterampilan membaca kitab Fathul Qorib secara signifikan. Perihal tersebut dapat diketahui melalui kemampuan siswa dalam menguasai ilmu nahwu, ilmu sharaf, mampu menterjemahkan arti kalimat yang ada dalam kitab Fathul Qorib secara akurat dan memahami artinya, siswa cenderung lebih aktif dan lebih percaya diri dalam mengikuti pembelajaran kitab Fathul Qorib. Meskipun demikian, perbedaan pendekatan antara metode Amtsilati dan metode tradisional pesantren menimbulkan tantangan tersendiri bagi sebagian siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi integratif dan pelatihan guru yang berkelanjutan guna mengoptimalkan penerapan metode ini. Penelitian ini merekomendasikan agar metode Amtsilati diadaptasi lebih luas dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib, khususnya bagi siswa dengan latar belakang pendidikan non-pesantren.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work