Efektivitas Metode Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah

Main Article Content

Ahmad Iqbal Rizky Alhabib
Ahmad Fadlillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Anwar Padomasan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Amtsilati, dengan pendekatan berbasis contoh dan latihan aplikatif, mampu meningkatkan keterampilan membaca kitab Fathul Qorib secara signifikan. Perihal tersebut dapat diketahui melalui kemampuan siswa dalam menguasai ilmu nahwu, ilmu sharaf, mampu menterjemahkan arti kalimat yang ada dalam  kitab Fathul Qorib secara akurat dan memahami artinya, siswa cenderung lebih aktif dan lebih percaya diri dalam mengikuti pembelajaran kitab Fathul Qorib. Meskipun demikian, perbedaan pendekatan antara metode Amtsilati dan metode tradisional pesantren menimbulkan tantangan tersendiri bagi sebagian siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi integratif dan pelatihan guru yang berkelanjutan guna mengoptimalkan penerapan metode ini. Penelitian ini merekomendasikan agar metode Amtsilati diadaptasi lebih luas dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib, khususnya bagi siswa dengan latar belakang pendidikan non-pesantren.

Article Details

How to Cite
[1]
“Efektivitas Metode Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah”, intelektualita, vol. 14, no. 2, Aug. 2025, doi: 10.19109/0v41wb49.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Metode Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah”, intelektualita, vol. 14, no. 2, Aug. 2025, doi: 10.19109/0v41wb49.