Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang
Main Article Content
Abstract
MIN 1 kota Palembang adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat pertama yang berdiri dibawah naungan Kementerian Agama. Kepala Madrasah ingin mengembangkan sebuah program yaitu pengembangan program Tahfizh. Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih mendalam terhadap keilmuan yang akan diteliti oleh penulis, dan juga bisa mengungkap apa saja peran kepala Madarasah dalam pengembangan program rumah tahfidzh, dan secara praktis, penelitian ini bertujuan: a) Untuk mencari jawaban Bagaimana progam Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang; b)Untuk menganalisis Bagaimana pengembangan Program Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang; dan c)Untuk menganalisis, Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam pengembangan Program Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan data lapangan yang didapat dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Program tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang dibagi menjadi 3 kegiatan, yaitu; 1) Ekstrakulikuler Tahfidzh pada hari jum’at; 2) Mata Pelajaran BTQ; dan 3) Rumah Tahfidzh Nurul Qur’ani dan Rumah Tahfidz Nurul Qur’ani MIN 1 Kota Palembang menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Madrasah tersebut dalam upaya meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa.
Article Details
How to Cite
[1]
“Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 191–198, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2902.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 191–198, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2902.
References
[1] Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2002.
[2] K. Agama, Al-Quran & Terjemah, Semarang: Toha Putra.
[3] A. Komariah dan C. Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.
[4] J. Makawimbang, Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: Alfabeta, 2012.
[5] I. Nawawi, Al Majmu Cet. Pertama Juz : I, Beirut: Dar Al Fikri, 1996.
[6] Taufiqurrachman, Interviewee, Wawancara tentang Program Tahfidzh MIN 1 Kota Palembang. [Wawancara]. 27 01 2018.
[7] N. Farida, Interviewee, Wawancara Kepala Madrasah. [Wawancara]. 04 02 2018.
[2] K. Agama, Al-Quran & Terjemah, Semarang: Toha Putra.
[3] A. Komariah dan C. Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.
[4] J. Makawimbang, Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: Alfabeta, 2012.
[5] I. Nawawi, Al Majmu Cet. Pertama Juz : I, Beirut: Dar Al Fikri, 1996.
[6] Taufiqurrachman, Interviewee, Wawancara tentang Program Tahfidzh MIN 1 Kota Palembang. [Wawancara]. 27 01 2018.
[7] N. Farida, Interviewee, Wawancara Kepala Madrasah. [Wawancara]. 04 02 2018.