Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur
Main Article Content
Abstract
Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 72,75 sedangkan nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,73. Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji “t” diperoleh dalam perhitungan ( = 3, 84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel ( = 2, 02) dan ( = 2,71) maka dapat diketahui bahwa lebih besar ; yaitu 2,02<3, 84>2,71. Karena lebih besar dari maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh permainan tradisional engklengterhadap pemahaman konsep siswa Kelas IIIpada mata pelajaran matematika di SDN Bangsa Negara OKU Timur.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 209–216, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2904.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 209–216, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2904.
References
[1] D. Rahmawati dan R. Destarisa, Aku Pintar dengan Bermain, Solo: Metagraf, 2016.
[2] D. P. d. Kebudayaan, Permainan Tradisional Anak-Anak Lampung, Jakarta, 1983.
[3] A. Triharso, Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
[4] B. Power, Aktivitas Berbasis Minat Anak, Jakarta: Erlangga, 2005.
[5] T. Runtukahu dan S. Kandou, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
[6] D. Rahmawati, Mengasuh Anak dengan Permainan Tradisional, Solo: Metagraf, 2016.
[7] E. Kusniati, Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan sosial Anak, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2016.
[8] N. I. Hasanah dan H. Pratiwi, Pengembangan anak Melalui Permainan Tradisional, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.
[9] A. C. Perwitasari, Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bhinneka Karya Tunggulsari Dan Tk Islam Bakti Viii Wonorejo, Surakarta: 2, 2016.
[2] D. P. d. Kebudayaan, Permainan Tradisional Anak-Anak Lampung, Jakarta, 1983.
[3] A. Triharso, Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
[4] B. Power, Aktivitas Berbasis Minat Anak, Jakarta: Erlangga, 2005.
[5] T. Runtukahu dan S. Kandou, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
[6] D. Rahmawati, Mengasuh Anak dengan Permainan Tradisional, Solo: Metagraf, 2016.
[7] E. Kusniati, Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan sosial Anak, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2016.
[8] N. I. Hasanah dan H. Pratiwi, Pengembangan anak Melalui Permainan Tradisional, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.
[9] A. C. Perwitasari, Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bhinneka Karya Tunggulsari Dan Tk Islam Bakti Viii Wonorejo, Surakarta: 2, 2016.