Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur

Main Article Content

Dedek Yunita

Abstract

Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 72,75 sedangkan nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,73. Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji “t” diperoleh dalam perhitungan ( = 3, 84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel ( = 2, 02) dan ( = 2,71) maka dapat diketahui bahwa  lebih besar ; yaitu 2,02<3, 84>2,71. Karena  lebih besar dari  maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh permainan tradisional engklengterhadap pemahaman konsep siswa Kelas IIIpada mata pelajaran matematika di SDN Bangsa Negara OKU Timur.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 209–216, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2904.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”, intelektualita, vol. 7, no. 2, pp. 209–216, Jan. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v7i2.2904.

References

[1] D. Rahmawati dan R. Destarisa, Aku Pintar dengan Bermain, Solo: Metagraf, 2016.
[2] D. P. d. Kebudayaan, Permainan Tradisional Anak-Anak Lampung, Jakarta, 1983.
[3] A. Triharso, Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
[4] B. Power, Aktivitas Berbasis Minat Anak, Jakarta: Erlangga, 2005.
[5] T. Runtukahu dan S. Kandou, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
[6] D. Rahmawati, Mengasuh Anak dengan Permainan Tradisional, Solo: Metagraf, 2016.
[7] E. Kusniati, Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan sosial Anak, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2016.
[8] N. I. Hasanah dan H. Pratiwi, Pengembangan anak Melalui Permainan Tradisional, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.
[9] A. C. Perwitasari, Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bhinneka Karya Tunggulsari Dan Tk Islam Bakti Viii Wonorejo, Surakarta: 2, 2016.