Meregenerasi Konsep Fikih Al-Bi’ah dalam Dunia Pendidikan: Program Adiwiyata Berbasis PAI Progresif Sebagai Upaya Membumikan Karakter Cinta Lingkungan

Main Article Content

Sayid Ahmad Ramadhan
Khairil Anwar

Abstract

Penelitian ini  bertujuan menawarkan formulasi kritis meregenerasi  fikih al-bi’ah melalui program Adiwiyata berbasis Pendidikan Agama Islam (PAI) progresif. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatakan tinjauan pustaka. Pengumpulan data  melalui aktivitas penelusuran dan identifikasi data yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi dengan tahapan reduksi data, interpretasi data dan penyampaian hasil secara dekriptif-kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fikih al-bi’ah harus diregenerasi sebagai kerangka etis-teologis yang dinamis dan mampu menjawab kompleksitas persoalan ekologi kontemporer. Di sisi lain, meregenerasi prinsip fikih al-bi’ah ke dalam program Adiwiyata melalui pendekatan Pendidikan Agama Islam (PAI) progresif, dipandang sebagai medium pedagogis yang berpotensi menginternalisasikan nilai-nilai religius melalui praktik ekologis yang transformatif. Lebih lanjut, keterlibatan kolektif aktor pendidikan yakni guru, siswa, dan masyarakat begitu sangat diperlukan untuk mengembangkan kesadaran ekologis berbasis spiritualitas Islam dan kearifan lokal yang kontekstual. Tidak hanya itu, seyogyanya juga ditopang oleh evaluasi kritis terhadap pelaksanaan program yang dilakukan dengan memadukan dimensi teologis, pedagogis, dan sosial-ekologis dalam kerangka masyarakat digital. Hematnya, temuan penelitian ini menegaskan bahwa meregenerasi fikih al-bi’ah menuntut pergeseran paradigma dari pendekatan simbolik-normatif menuju paradigma praksis-transformatif berbasis integrasi ilmu, agama, dan lingkungan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Meregenerasi Konsep Fikih Al-Bi’ah dalam Dunia Pendidikan: Program Adiwiyata Berbasis PAI Progresif Sebagai Upaya Membumikan Karakter Cinta Lingkungan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 183–199, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.29533.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Meregenerasi Konsep Fikih Al-Bi’ah dalam Dunia Pendidikan: Program Adiwiyata Berbasis PAI Progresif Sebagai Upaya Membumikan Karakter Cinta Lingkungan”, intelektualita, vol. 14, no. 1, pp. 183–199, Jul. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v14i1.29533.

References

Ahmad, H., & Arifin, S. (2024). Telaah kritis tentang teori pembelajaran kognitifistik dalam perspektif pendidikan agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2582–2587. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2842

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi program adiwiyata berbasis partisipatif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57–70. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p57-70

Akbar, T., Putra, H., & Husnaini, I. F. (2022). Deradikalisasi dokrin agama: Menelaah ulang interpretasi amar makruf nahi mungkar dalam Al-Qur’ân. Mafatih, 2(2), 51–66. https://doi.org/10.24260/mafatih.v2i2.1030

Akhir, M., & Siagian, Z. (2025). Sustainability dan manajemen lingkungan di lembaga pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 267–277. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.781

Alawiyah, F. S., & Andromeda, G. M. (2024). Integrating Qur’anic and Hadith-based environmental values into the Adiwiyata program at State Junior High School 1 Panti Jember. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 209–222. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1099

Al-Irsyadiyah, A. (2023). Dasar-dasar pendidikan Islam dalam Al-Qur’an. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62083/18xh7k80

Anggraeni, D., & Maharani, S. (2024). Strategi penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan kepesantrenan di Pondok Pesantren Al Khair Wal Barokah. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.63243/1ccyka30

Annisa, N., & Harahap, I. (2023). Analisis pengembangan ekonomi hijau dengan basis pertanian dengan implementasi maqashid syariah di Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(5), 2535–2543. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i5.3505

Asysyifa, A., Hafizianor, H., & Rahmawati, R. (2023). Struktur sosial pada kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan hutan di Desa Pa’au Kabupaten Banjar. Jurnal Hutan Tropis, 11(3), 395–401. https://doi.org/10.20527/jht.v11i3.17634

Athoillah, A., Sukoharsono, E. G., Ciptadi, G., & Yanuwiadi, B. (2024). Eco-Islamic boarding school indicators for increasing environmental awareness and sustainable development in Indonesia. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 27(1), 26–36. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2024.027.01.04

Azizi, J., & Mandala, O. S. (2022). Analisis pemikiran Ali Yafie dan Sahal Mahfuzd dalam fiqih sosial terhadap perkembangan hukum Islam. Jurnal Mahasantri, 2(2), 398–423. https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i2.147

Bafadal, M. F., & Hestiantini, A. P. (2023). Kebijakan pemerintah Kalimantan Barat dalam isu lingkungan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2023. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 4528–4538.

Baro’ah, S., & Qonita, S. M. (2020). Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) pada siswa melalui program lingkungan sekolah tanpa sampah plastik. Jurnal PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/309

Brilyandio, F. (2021). Orang Jawa menjaga keharmonisan (Tinjauan filsafat moral Kant dalam upacara tradisional Nyadran). Forum, 50(1), 34–49. https://doi.org/10.35312/forum.v50i1.322

Damanhuri, T., & Siswadi, G. A. (2023). Pendidikan dan cita-cita masyarakat demokratis dalam tinjauan kritis John Dewey. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 9(2), 111–118. https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3012

Dewi Anggita Islami, R. (2021). Kontribusi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperkuat karakter etika lingkungan siswa. Al-Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Keislaman, 8(1), 43–55. https://doi.org/10.31102/alulum.8.1.2021.43-55

Fauzan, A., & Soeprihadi. (2024). Penguatan pendidikan Islam sebagai proteksi terhadap sumberdaya ekologis. Lentera: Jurnal Kajian dan Riset Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Fauzi, A., & Muttaqin, A. I. (2022). Implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata pada siswa kelas V SDN 1 Cluring Banyuwangi. INCARE: International Journal of Educational Resources, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.59689/incare.v3i1.402

Gafrawi, G., & Mardianto, M. (2023). Konsep pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(1), 75–91.

Habibi, D. F., Tirmidzi, A. Y. A., & Kambali. (2022). Pesantren dan pengembangan kesadaran lingkungan: Upaya mitigasi perubahan iklim. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1375–1385. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.411

Hadini, F. (2024). Pendidikan lingkungan dalam perspektif Al-Qur’an. AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 19(1), 153–163.

Hadiyanto, A. W. R., & Widodo, H. (2024). Integration of Islamic education in the Adiwiyata curriculum. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 3(1), 1371–1386.

Hamdan, M., Su’aidi, S., el Widdah, M., Anwar, F., & Sahroni, S. (2025). Argumen pengembangan kebijakan pendidikan Islam. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 33–50.

Hamid, S. A. A. (2024). Pendidikan Islam berwawasan lingkungan berbasis pondok pesantren. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 3(2), 192–204. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1772

Hanafani, L. F., & Hambali, R. Y. A. (2023). Hakikat penyucian jiwa (Tazkiyat An-Nafs) dalam perspektif Al-Ghazali. Gunung Djati Conference Series, 19(April), 530–540.

Hastutie, G. (2024). Kurikulum merdeka dan profil pelajar Rahmatan lil ‘Alamin pada pembelajaran rumpun PAI di madrasah dan PTAI. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 973–981. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1097

Husaini, H. (2022). Pemikiran Harun Nasution tentang pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.81

Irawan, E. F., & Rohman, F. (2025). Rekonstruksi konsep pendidikan agama Islam berbasis etika spiritual: Studi kritis atas pemikiran pendidikan al-Ghazali. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(1), 164–184. https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6618

Khulashah, K. (2023). Pembentukan karakter peduli lingkungan siswa melalui pendidikan agama Islam perspektif Thomas Lickona dan Al-Ghazali. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.738

Kurniawan, B. (2020). Implementasi pendidikan tekhnohumanistik berbasis 4C dalam membentuk karakter peserta didik. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27219

Lazuady, A. Q., Rifa Da’i, R. A. N., & Kemuning, A. S. (2022). Konsep ihsan kepada lingkungan (suatu kajian awal dalam upaya mewujudkan green environment). Jurnal Keislaman, 5(2), 218–229. https://doi.org/10.54298/jk.v5i2.3452

Luqman, L. R. K. (2022). Menakar rekonstruksi maqashid syariah: (Telaah genealogis pendekatan system Jasser Auda). Politea: Jurnal Politik Islam, 5(1), 64–82. https://doi.org/10.20414/politea.v5i1.5042

Makraja, F., & Ramlah, R. (2025). Implementation of environmental fiqh in Indonesia from the perspective of maqāṣid as-syarī’ah Jasser Auda. Hukum Islam, 24(2), 277–288. https://doi.org/10.24014/hi.v24i2.31378

Mangunjaya, F. M. (2022). Generasi terakhir: Aktivisme dunia Muslim mencegah perubahan iklim dan kepunahan lingkungan hidup. LP3ES.

Manongga, J. S. (2025). Stewardship ekologis berbasis Alkitab: Integrasi hermeneutika kontekstual dan doktrin ineransi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 8(1), 76–98. https://doi.org/10.34081/fidei.v8i1.625

Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212

Marbun, D. Y. M., Triandhika, F., Pasaribu, G. M. A., & Sulistyani, W. (2023). Penerapan sistem anti pencucian uang dalam penanganan perkara tindak pidana pembalakan liar. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 4(2), 197–220. https://doi.org/10.23920/jphp.v4i2.1226

Maruddani, R. F., Somantri, L., & Panjaitan, F. (2024). Analisis spasial perubahan tutupan lahan pasca kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 11(2), 443–453. https://doi.org/10.21776/ub.jtsl.2024.011.2.15

Mubarok, A. (2022). Kelestarian lingkungan dalam Al-Qur’an: Analisis pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah. Hikmah, 19(2), 227–237. https://doi.org/10.53802/hikmah.v19i2.174

Muhammad, A. (2022). Urgensi pelestarian lingkungan hidup dalam Al-Qur’an. PILAR, 13(1), 67–87.

Muttaqin, I., Munir, M., & Kamaliyah, N. (2025). Implementasi program Adiwiyata dalam menanamkan pendidikan agama Islam di SMAN 1 Gondang Wetan Pasuruan. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.55102/alyasini.v10i1.6488

Nanu, R. P. (2021). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap pendidikan di era modern. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 14–29. https://doi.org/10.26618/jtw.v6i01.3436

Nazar, I. A., Sunarto, S., & Hakim, I. N. (2023). Pengembangan konsep ekoteologi Al-Qur’an untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 7(3), 561–576. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i3.5447

Prayitno, E., & Ashari, M. Y. (2023). Peran dan fungsi evaluasi dalam pendidikan Islam. Jurnal Global Ilmiah, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i1.8

Prilijayanti, D. (2023). Green economy dalam perspektif fiqh al-bi’ah dan maqasid syari’ah (hifz al-nasl & hifz al-mal). Qusqazah, 2(1), 15–26.

Priyono, S. (2024). Menghidupkan ilmu agama di lembaga pendidikan tinggi. Turats, 17(2), 133–144. https://doi.org/10.33558/turats.v17i2.10504

Purwanti, E. Y. (2021). Implementation of environmental education value in Islamic education (Analysis of Tafsir Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 56-58). Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 2(2), 161–172. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v2i2.87

Rahman, R., Ningsih, W., Aldilal, A., & Aminudin, A. (2022). Literasi lingkungan hidup dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Gunung Djati Conference Series, 14(September), 72–88.

Rahmania, S., & Abu Bakar, M. Y. (2023). Studi pemikiran pendidikan Islam perspektif Naquib Al-Attas. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 6(2), 323–338. https://doi.org/10.31538/almada.v6i2.3085

Rasyad, R. (2022). Konsep khalifah dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat al-Baqarah dan Ayat 26 Surat Shaad). Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 20–31. https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12308

Rifzikka, S. A. (2024). Studi analisis tafsir Surah Ar-Rum Ayat 41 tentang kerusakan lingkungan. Journal of Islamic Studies and Humanities, 9(2), 254–298. https://doi.org/10.21580/jish.v9i2.23659

Rizal, S. (2023). Habitus santri ndalem: Analisis khodam kyai PP Al-Qodiri Jember pada kesalehan ekologis. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 9(1), 97–115.

Safparudin, S., Furqon, M., Zuhdi, A., Tania, I., & Marhamah, M. (2024). Peran manajemen sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter perspektif Imam Al-Ghazali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(1), 144–150. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.24340

Saputra, R., & Desminar, D. (2025). Konsep pengelolaan sampah dalam perspektif hukum profetik. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 19(2), 591–598. https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6655

United Nations. (n.d.). Sasaran 13 | Departemen Ekonomi dan Sosial. United Nations. Retrieved June 16, 2025, from https://sdgs.un.org/goals/goal13

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.7633

Sedana, G., Yastini, N. N., & Maulina, N. M. I. (2021). Roles of local farmers’ organization in supporting food security: Case of Subak in Bali, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 911(1), 012083. https://doi.org/10.1088/1755-1315/911/1/012083

Sikumbang, J. (2021). Evaluasi pembelajaran fikih pada pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Al-Fatih, 4(1), 69–87.

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis implementasi program Adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900

Suharjo, R., & Asril, Z. (2023). Implementasi evaluasi pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Alamanda Kabupaten Pasaman Barat. Arus Jurnal Pendidikan, 3(3), 132–139. https://doi.org/10.57250/ajup.v3i3.282

Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran sosial-kognitif di sekolah dasar: Implementasi teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102–109. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015

Suwandi, M. A., & Harlyandra, Y. (2024). Program community development Cirebon Power sebagai upaya memutus rantai ketergantungan nelayan terhadap tengkulak. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 10(3). https://doi.org/10.56015/gjikplp.v10i3.164

Syah, A. D. M., Sholikhudin, M. A., & Yusuf, A. (2023). Konsep pendidikan karakter Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin dan relevansinya terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 118–135. https://doi.org/10.55352/mudir.v5i1.37

Syahrial, M. A. (2024). Transformasi konsep hifdzul bi’ah terhadap maraknya pembakaran liar di Indonesia. Jurnal Al-Jina’i Al-Islami, 2(1), 118–133. https://doi.org/10.15575/jaa.v1i2.722

Syaputra, A., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2021). Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program Adiwiyata di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(2), 58–64. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i2.277

Tajuddin, T., & Awwaliyah, N. M. (2021). Paradigma integrasi-interkoneksi Islamisasi ilmu dalam pandangan Amin Abdullah. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 56–61. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.11

Ulum, K. (2025). Ayat-ayat manajemen dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab. Almustofa: Journal of Islamic Studies and Research, 2(1), 27–35.

Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam sekolah dan madrasah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1556

Umam, N., Ulfiana, I. Z., & Fuadi, A. I. (2025). Epistemologi Islam: Integrasi bayani, burhani, irfani, dan tajribi dalam menjawab tantangan peradaban modern. Midaduna: Journal of Islamic Studies, 2(1). https://journals.eduped.org/index.php/midaduna/article/view/1476

Umar, H. U. (2023). Penerapan filsafat progresivisme dalam pendidikan agama Islam. Education Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Edium), 1(2), 57–63. https://doi.org/10.35905/edium.v1i2.7223

Umar, N. (2022). Memahami Al-Qur’an di masa post truth. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wakifah, W. (2022). Kajian program sekolah Adiwiyata dalam menunjang pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup. Jurnal Al-Qayyimah, 5(2), 209–222. https://doi.org/10.30863/aqym.v5i2.3472

Wulandari, A., Almas, U., & Najiyah, N. L. N. (2024). Menelusuri makna term fasād dan relevansinya terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan: Analisis atas QS. Ar-Rum ayat 41 perspektif tafsir maqashidi. Qudwah Qur’aniyah: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir, 2(2), 114–132. https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v2i2.2420

Yunus, E. M., Andika, A., Yani, A., Nisa, M. K., & Muhammad, H. (2021). Revitalisasi tafsir ekologi pada kandungan Surat Al-A’raf [7] ayat 56–58 dalam rencana penanaman pohon trembesi di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Jurnal Riset Agama, 1(3), 808–827. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15112

Zainuddin, F. (2024). Fikih lingkungan hidup: Upaya pelestarian lingkungan dalam Islam. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Keluarga Islam, 4(2), 27–37. https://doi.org/10.35316/alhukmi.v4i2.3900