Penerapan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Main Article Content

Yudi Irfan Daniel
Linda Nurlinasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Treasure Hunt terhadap self-efficacy siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dengan pendekatan kuasi-eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group, penelitian ini melibatkan dua kelas: kelas eksperimen dengan metode Treasure Hunt dan kelas kontrol dengan metode ekspositori. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Jawami Bandung pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket self-efficacy, lembar observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada skor self-efficacy siswa di kelas eksperimen setelah diterapkannya metode Treasure Hunt. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang membuktikan adanya pengaruh yang bermakna. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Treasure Hunt efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI.

Article Details

How to Cite
[1]
“Penerapan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 2, Sep. 2025, doi: 10.19109/cq49jg36.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Metode Treasure Hunt untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 2, Sep. 2025, doi: 10.19109/cq49jg36.