Budaya Batak Angkola sebagai Media Pendidikan Akhlak di Kelurahan Sipirok Godang: Studi Fenomenologi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan budaya Batak Angkola sebagai wadah pendidikan akhlak masyarakat di Kelurahan Sipirok Godang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya Batak Angkola di Kelurahan Sipirok Godang masih dilaksanakan sesuai dengan kaidah hukum adat yang diwariskan, dalam pelaksanaannya melibatkan hampir semua elemen masyarakat dan budaya tersebut berjalan beriringan dengan ajaran agama islam sebagai wadah pendidikan akhlak masyarakat. Peranan pelaksanaan budaya sebagai wadah pendidikan masyarakat dapat tercapai melalui pengamatan pelaksanaan budaya, keikut sertaan dalam pelaksanaan budaya, kontrol budaya, tuntunan orang tua dalam lingkungan keuarga, arahan dan teguran tokoh masyarakat. Akhlak yang dapat terdidik melalui pelaksanaan budaya tersebut adalah akhlak ta’awun atau tolong menolong, kepedulian sosial, sopan santun dengan menghormati orang tua dan menyayangi yang lebih muda, musyawarah dan mufakat, jujur, adil, amanah, syukur, menjaga kelestarian alam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikankarakter Berbasis Agama, Budaya, Dansosiologi. Al-Fikar: Jurnal For Islamic Studies, 4(1), 181–202.
Adelia, D., Imro, E., Latifah, A., Alvira Desma Putri, S., Febiana Sari, S., & Sultan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an. Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1211–1221.
Ahmad Bin Hambal, A. Ibn M. (1995). Musnad Imam Ahmad (Juz XIX). Mussasah Al-Risalah.
Al Asqolani, I. H. (2003). Fathul Baari Syarah Shahih Al-Bukhari, Jilid 1. Pustaka Azzam.
Alam, S. T. P. A., & Hasibuan, Z. E. (2022). Adat Budaya Batak Angkola. CV. Pertama Mitra Sari.
Apriana, W., Mardiah, A., Indra, S., Sinta, & Martha, A. (2025). Peran Integrasi Budaya Dalam Pendidikan Kepemimpinan: Membangun Keharmonisan Dan Stabilitas Sosial Di Masyarakat Majemuk Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 1–23.
Awwalina, L. S. (2023). Pembentukan Akhlak Berlandaskan Keimanan: Landasan Filosofis-Teologis Dalam Kurikulum Pai Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 462–481.
Bahri, S. (2023). Membumikan Pendidikan Akhlak (Nomor 1). Penerbit Mitra Cendekia Media.
Baumi, G. S. (1984). Surat Tumbaga Holing. Yayasan Ihya Ulumuddin Padang Sidimpuan.
Daulay, H. P. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Prenadamedia Group.
Daulay, H. P., & Daulay, N. (2022). Pembentukan Akhlak Mulia Tinjauan Pendidikan Agama Islam Dan Psikologi Positif. Perdana Publishing.
Giri Ariasa, I. M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 59–66.
Hasibuan, H. A. (2021). Pendidikan Akhlak Islam Melalui Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 03(1), 163–178.
Herningrum, I., & Alfian, M. (2019). Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(01), 46–57. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i01.396
Hidayat, R. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Di Era Globalisasi. Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, 9.
Hudi, I., Purwanto, H., & Miftahurrahmi, A. (2019). Krisis Moral Dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2, 233–241.
Kamaluddin, Hasibuan, A. ., & Zainuddin. (2023). Peran Adat Dalihan Natolu Dalamkegiatan Moderasi Beragamadi Tapanuli Bagian Selatan. JURNAL AT-TAGHYIR, 6, 163–182.
Kemenag, Q. (2022). Al-Qur’an Dan Terjemahannya.
Koendjaraningrat. (1985). Kebudayaan, Mentalitas Dan Pembangunan. PT Gramedia.
Lubis, F., Aritonang, M. T., Situorang, A., & Sianturi, R. T. R. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Tradisional Dalam Pernikahan Etnis Angkola Di Sipirok. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14.
Marimba, A. D. (2001). Pengantar Filsafat Islam. Al-Ma’arif.
Maryamah, M., Ersyliasari, A., Luthfia Ananda, M., & Julinda, J. (2023). Analisis Budaya Melayu Terhadap Modernisasi Dalam Perspektif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3096–3108.
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Depdiknas.
Pane, S. M., Priyono, C. D., & Sormin, S. A. (2022). Studi Eksplorasi Muatan Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Makkobar Boru Pada Masyarakat Batak Angkola. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1914–1922. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2380
Parinduri, M. A. (2020). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektik Budaya Batak Toba. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 22(3), 257–269. https://doi.org/10.14203/jmb.v22i3.1075
Rohman, F. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Pada Hadis-Hadis Populer Dalam Shahihain. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 367. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5107
Setiadi, E. M., Hakam, K. A., & Efendi, R. (2017). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Kencana.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir-Al-Mishbah-Jilid-09-M.-Quraish-Shihab. Lentera Hati.
Suprapto. (2020). Dialektika Islam Dan Budaya Nusantara : Dari Negosiasi, Adapasi Hingga Komodifikasi. Kencana A.
Surbakti, A. H. (2021). Pendidikan Akhlak Dalam Bingkai Kearifan Lokal. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 202–221. https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2654
Suryadi, R. A. (2021). Tujuan Pendidikan Akhlak. Jurnal Al-Azhary, 7(02), 100–115.
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 37–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.240
Wuryandani, W. (2010). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 11.