Pengaruh Rutinitas Membaca Alquran Sebelum Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang
Main Article Content
Abstract
Alquran merupakan kitab suci yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat Islam di dunia. Membaca Alquran berulang-ulang bukan sekedar meningkatkan kerja otak saja, tetapi dapat menetramkan hati dan jiwa sehingga membuat pembacanya menjadi tenang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Palembang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh rutinitas membaca Alquran sebelum belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 di SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel rutinitas membaca Alquran sebelum belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan atau prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang sangat berkaitan dengan rutinitas membaca Alquran sebelum belajar.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Rutinitas Membaca Alquran Sebelum Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang”, intelektualita, vol. 8, no. 1, pp. 41–46, Oct. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i1.4227.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Rutinitas Membaca Alquran Sebelum Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang”, intelektualita, vol. 8, no. 1, pp. 41–46, Oct. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i1.4227.
References
Adam, Cholil. Dahsyatnya Alquran. Jakarta: Amp Press, 2012.
Majid, Abdul, and Zain Aswan. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Mirza, Iskandar. Sehat Dengan Alquran. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2014.
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis Dan Mencintai Alquran. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
Majid, Abdul, and Zain Aswan. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Mirza, Iskandar. Sehat Dengan Alquran. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2014.
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis Dan Mencintai Alquran. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.