Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh

Main Article Content

Emi Puspita Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum manasik haji dan umroh agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau development research. Penelitian ini akan mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk mahasiswa yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Manajemen Penyelenggaraan Haji dan Umroh dengan bobot 2 SKS, melalui dua tahapan yaitu preliminary study dan formative study. Tahap preliminary meliputi persiapan dan desain, sedangkan tahap formative study meliputi Self Evaluation, Expert Reviews, One to One, Small Group dan Field Test, dengan mengambil sampel sebanyak 30 mahasiswa semester V pada matakuliah Manajemen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Hasil penelitian ini Interaksi mahasiswa dengan modul praktikum manasik haji dan umroh di Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang meliputi penggunaan bahan ajar oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran, menggunakan bahan ajar ini untuk memahami materi, dan membuat catatan yang penting dalam materi bahan ajar ini. Interaksi mahasiswa dengan bahan ajar modul praktikum haji dan umroh terlihat dari efek potensial terhadap hasil belajar mahasiswa Berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 86. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif pada pembelajaran materi dimensi tiga efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 191–198, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4473.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 191–198, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4473.

References

Anwar, Ilham. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI, 2010.
Nidjam, Achmad, and Alatief Hanan. Manajemen Haji: Studi Kasus Dan Telaah Implementasi Knowledge Workers. Zikrul Hakim, 2001.
Nieveen, Nienke, and Elvira Folmer. “Formative Evaluation in Educational Design Research.” Design Research 153 (2013): 152–169.
Shi, Ning-Zhong, Xuming He, and Jian Tao. “Understanding Statistics and Statistics Education: A Chinese Perspective.” Journal of Statistics Education 17, no. 3 (2009).
Vembriarto, St. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta, 1975.
Wijaya. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Winkel, W S. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.