Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum manasik haji dan umroh agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau development research. Penelitian ini akan mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk mahasiswa yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Manajemen Penyelenggaraan Haji dan Umroh dengan bobot 2 SKS, melalui dua tahapan yaitu preliminary study dan formative study. Tahap preliminary meliputi persiapan dan desain, sedangkan tahap formative study meliputi Self Evaluation, Expert Reviews, One to One, Small Group dan Field Test, dengan mengambil sampel sebanyak 30 mahasiswa semester V pada matakuliah Manajemen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Hasil penelitian ini Interaksi mahasiswa dengan modul praktikum manasik haji dan umroh di Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang meliputi penggunaan bahan ajar oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran, menggunakan bahan ajar ini untuk memahami materi, dan membuat catatan yang penting dalam materi bahan ajar ini. Interaksi mahasiswa dengan bahan ajar modul praktikum haji dan umroh terlihat dari efek potensial terhadap hasil belajar mahasiswa Berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 86. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif pada pembelajaran materi dimensi tiga efektif.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 191–198, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4473.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Praktikum Manasik Haji dan Umroh pada Mata Kuliah Manajemen Haji dan Umroh”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 191–198, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4473.
References
Anwar, Ilham. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI, 2010.
Nidjam, Achmad, and Alatief Hanan. Manajemen Haji: Studi Kasus Dan Telaah Implementasi Knowledge Workers. Zikrul Hakim, 2001.
Nieveen, Nienke, and Elvira Folmer. “Formative Evaluation in Educational Design Research.” Design Research 153 (2013): 152–169.
Shi, Ning-Zhong, Xuming He, and Jian Tao. “Understanding Statistics and Statistics Education: A Chinese Perspective.” Journal of Statistics Education 17, no. 3 (2009).
Vembriarto, St. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta, 1975.
Wijaya. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Winkel, W S. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.
Nidjam, Achmad, and Alatief Hanan. Manajemen Haji: Studi Kasus Dan Telaah Implementasi Knowledge Workers. Zikrul Hakim, 2001.
Nieveen, Nienke, and Elvira Folmer. “Formative Evaluation in Educational Design Research.” Design Research 153 (2013): 152–169.
Shi, Ning-Zhong, Xuming He, and Jian Tao. “Understanding Statistics and Statistics Education: A Chinese Perspective.” Journal of Statistics Education 17, no. 3 (2009).
Vembriarto, St. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta, 1975.
Wijaya. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1988.
Winkel, W S. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.