Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi

Main Article Content

Abdul Hadi

Abstract

Globalisasi jelas berdampak pada berbagai aspek kehidupan warga. Konsep kewarga negaraan global tentu akan menjadi masalah yang berkembang untuk semua warga dunia. Warga dunia global menuntut agar setiap warga negara memiliki peran yang sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban mereka sebagai warga dunia. Pengembangan kewarga negaraan sebagai hasil dari pembangunan global jelas akan menjadi tuntutan bersama untuk kesetaraan di antara warga global di mana kebebasan dan kesetaraan adalah fokus utama. Konsep kewarga negaraan global menjadi prioritas penting bagi negara-negara di seluruh dunia. Artikel ini akan mengeksplorasi fungsi perspektif Pendidikan Kewarga negaraan Indonesia untuk memperkuat nilai-nilai moral bangsa.

Article Details

How to Cite
[1]
“Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 123–138, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4661.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 123–138, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4661.

References

Adhitama, T. “Menjaga Etika Bermasyarakat.” Gagasan Hukum. Last modified 2010. Accessed April 20, 2018. https://gagasanhukum.wordpress.com/2010/10/04/menjaga-etika-bermasyarakat/.
Asyafiq, Sutrisno. “Implementasi Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran PPKn Berbasis Project Citizen Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14, no. 2 (October 31, 2017): 166. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/15664.
Banks, James A. “Diversity, Group Identity, and Citizenship Education in a Global Age.” Journal of Education 194, no. 3 (2014): 1–12.
Bourke, Lorna, Philip Bamber, and Minna Lyons. “Global Citizens: Who Are They?” Education, Citizenship and Social Justice 7, no. 2 (2012): 161–174.
Cogan, John J. “Developing the Civic Society: The Role of Civic Education.” Bandung: CICED (1999).
Dharma, Surya. “Teori Sosial Dan Kewarganegaraan.” Bandung: Widya Aksara Press, 2016.
Dill, Jeffrey S. “The Moral Education of Global Citizens.” Society 49, no. 6 (December 18, 2012): 541–546. http://link.springer.com/10.1007/s12115-012-9599-8.
Gastil, John Webster. “DEMOCRATIC CITIZENSHIP &.” University of Wisconsin-Madison, 1994.
Gerzon, Mark. American Citizen, Global Citizen. Spirit Scope LLC, 2010.
Hafil, M. “Nilai Pancasila Memudar Di Kalangan Muda.” Republika Online. Jakarta, 2014. https://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/10/06/nd0jkb24-nilai-pancasila-memudar-di-kalangan-muda.
Hater, A. Brief History of Citizenship. Edinburgh: Edinburgh University Press, 2004.
Isin, Engin F, and Bryan S Turner. Handbook of Citizenship Studies. Sage, 2002.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media, 2013.
Sapriya, and A A Wahab. Teori Dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sumantri. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Sutrisno. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 6, no. 1 (2018): 41–51.
Sutrisno, S., and Mukhamad Murdiono. “Pengembangan Modul Pendidikan Anti Korupsi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4, no. 1 (October 16, 2017): 55. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/9789.
Swasono, S E. “Pancasila Dan Nasionalisme Kampus.” Kompas, 2011. https://nasional.kompas.com/read/2011/06/03/0411061/Pancasila.dan.Nasionalisme.Kampus?page=all.
Syaifudin, Muhammad, and Agus Satmoko Adi. “KONTRIBUSI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA SMA NEGERI 19 SURABAYA.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2, no. 2 (2014): 670–684.
Syarbaini, Syahrial. “Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Yogyakarta: Graha Ilmu (2006).
Waters, Malcolm. Globalization. London and New York. London: Routledge, 1995.
Westheimer, J. Citizenship Education for a Democratic Society. Ottawa: Canadian Heritage, n.d.
Winarno. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi Dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Winataputra, U S. Pendidikan Kewarganegaraan Refleksi Historis Epistimologi Dan Rekonstruksi Untuk Masa Depan. Banten: Universitas Terbuka, 2015.
Zahabioun, Shahla, Alireza Yousefy, Mohammad H Yarmohammadian, and Narges Keshtiaray. “Global Citizenship Education and Its Implications for Curriculum Goals at the Age of Globalization.” International Education Studies 6, no. 1 (December 11, 2012). http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/23019.