Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Article Content

Saliman Saliman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Memory Power dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi rangka manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum 2 Sarwodadi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Memory Power dapat berpengaruh positif terhadap penguasaan materi mata pelajaran IPA kelas IV MI Darul Ulum 2 Sardodadi mengalami peningkatan dari siklus I sampai II, yaitu siklus I (60 %), dan siklus II (85 %) dengan jumlah nilai rata-rata dari siklus I 66,55 dan siklus II 73,8. Jadi, metode Memory Power ini sangat tepat digunakan dalam pembelajaran materi IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum 2 Sarwodadi kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur.

Article Details

How to Cite
[1]
“Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 171–180, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4666.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 171–180, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4666.

References

Harianti, Deasy. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory Power). Jakarta: Tangga Pustaka, 2008.
Lestari, Agustina. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SD NEGERI REJONDANI PRAMBANAN SLEMAN.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Pumori, Melati Puteri. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE MEMORY POWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT: Penelitian Eksperimen Di Kelas IV SD Negeri Taktakan 2 Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Samatowa, Usman. Bagaimana Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora, 2011.