Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Memory Power dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi rangka manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum 2 Sarwodadi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Memory Power dapat berpengaruh positif terhadap penguasaan materi mata pelajaran IPA kelas IV MI Darul Ulum 2 Sardodadi mengalami peningkatan dari siklus I sampai II, yaitu siklus I (60 %), dan siklus II (85 %) dengan jumlah nilai rata-rata dari siklus I 66,55 dan siklus II 73,8. Jadi, metode Memory Power ini sangat tepat digunakan dalam pembelajaran materi IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum 2 Sarwodadi kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur.
Article Details
How to Cite
[1]
“Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 171–180, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4666.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Penerapan Metode Memory Power Terhadap Penguasaan Materi Rangka Manusia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum 2 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 171–180, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4666.
References
Harianti, Deasy. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory Power). Jakarta: Tangga Pustaka, 2008.
Lestari, Agustina. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SD NEGERI REJONDANI PRAMBANAN SLEMAN.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Pumori, Melati Puteri. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE MEMORY POWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT: Penelitian Eksperimen Di Kelas IV SD Negeri Taktakan 2 Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Samatowa, Usman. Bagaimana Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora, 2011.
Lestari, Agustina. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SD NEGERI REJONDANI PRAMBANAN SLEMAN.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Pumori, Melati Puteri. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE MEMORY POWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT: Penelitian Eksperimen Di Kelas IV SD Negeri Taktakan 2 Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Samatowa, Usman. Bagaimana Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora, 2011.