Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Hidrokarbon
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengadopsi model Borg & Gall sampai tahap ketujuh. Penelitian ini melibatkan tiga validator yaitu validator ahli desain/media, ahli integrasi nilai-nilai Islam dan ahli materi. Subjek uji coba skala kecil dan uji coba skala menengah adalah peserta didik SMA N 3 Talang Ubi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan pedoman wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon memperoleh persentase dari ahli desain/media sebesar 85,41% dengan kategori sangat valid, ahli integrasi nilai-nilai Islam memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori valid, dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,90% dengan kategori sangat valid. Rata-rata persentase nilai dari ketiga validator yaitu 83,77% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon dapat dikategorikan sangat menarik, dimana pada uji coba skala kecil memperoleh persentase nilai sebesar 86,90% dengan kategori sangat menarik, pada uji coba skala menengah memperoleh persentase sebesar 86,27% dan dinyatakan sangat menarik.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Hidrokarbon”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 181–190, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4667.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Hidrokarbon”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 181–190, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4667.
References
Asmara, Anjar Purba. “Kajian Integrasi Nilai-Nilai Karakter Islami Dengan Kimia Dalam Materi Kimia Karbon.” JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) 4, no. 2 (2016): 1–11.
Darmawan, A. Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Untuk Siswa SMA. Medan, 2016.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Munandar, Haris, Yusrizal Yusrizal, and Mustanir Mustanir. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3, no. 1 (2015): 27–37.
Penyusun, Tim. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Rizkiah, Alin Wahyu. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DISCUSSION ACTIVITY YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII MTs NURUL ISLAM LAMPUNG SELATAN.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Wiyani, H A. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Yanuardianto, Elga. “Pendidikan Karakter Anak (Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona Dan Abdullah Nasih Ulwan).” Tesis, 2015.
Darmawan, A. Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Untuk Siswa SMA. Medan, 2016.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Munandar, Haris, Yusrizal Yusrizal, and Mustanir Mustanir. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3, no. 1 (2015): 27–37.
Penyusun, Tim. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Rizkiah, Alin Wahyu. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DISCUSSION ACTIVITY YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII MTs NURUL ISLAM LAMPUNG SELATAN.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Wiyani, H A. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Yanuardianto, Elga. “Pendidikan Karakter Anak (Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona Dan Abdullah Nasih Ulwan).” Tesis, 2015.