Gerakan Literasi Sekolah Dasar di Kabupaten Ogan Komering Ilir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat gerakan literasi sekolah dasar di SD Negeri 1 dan 2 Desa Serigeni Baru serta SD Negeri 2 Desa Teloko Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data sampai data ditulis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tradisi literasi di tiga SD tersebut masih sangat rendah. Hal ini disebabkan sarana dan prasarana perpustakaan dan koleksi buku tidak tersedia. Karena itu, untuk peran aktif Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk memfasilitasi literasi anak didik dengan menyiapkan sarana dan prasarana perpustakaan yang layak dan representatif.
Article Details
How to Cite
[1]
“Gerakan Literasi Sekolah Dasar di Kabupaten Ogan Komering Ilir”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 9–16, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5295.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Gerakan Literasi Sekolah Dasar di Kabupaten Ogan Komering Ilir”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 9–16, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5295.
References
Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Penyusun, Tim. Materi Umum & Materi Pokok SMA, Bab 2 : Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2015.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Retnaningdyah, Pratiwi. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Penyusun, Tim. Materi Umum & Materi Pokok SMA, Bab 2 : Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2015.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Retnaningdyah, Pratiwi. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.