Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 256 orang yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 146 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1). Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya. (2). Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya dan (3). Fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 17–26, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5431.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 17–26, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5431.
References
Barnawi, and Arifin. Intrumens Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014.
Djamarah, Saiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Purwanto, M. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Sardiman, A M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukuranya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Zuldafrial. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media, 2012.
Djamarah, Saiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Purwanto, M. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Sardiman, A M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukuranya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Zuldafrial. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media, 2012.