Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya

Main Article Content

Yuhana Yuhana
Bukman Lian
Mulyadi Mulyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 256 orang yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 146 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1). Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya. (2). Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya dan (3). Fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 17–26, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5431.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 17–26, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5431.

References

Barnawi, and Arifin. Intrumens Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014.
Djamarah, Saiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Purwanto, M. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Sardiman, A M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukuranya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Zuldafrial. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media, 2012.