Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren

Main Article Content

Nizarani Nizarani
Muhammad Kristiawan
Artanti Puspita Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah manajemen pendidikan karakter berbasis pondok pesantren di Raudhatul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum, Asisten Pimpinan Pesantren bagian Akademis, Asisten Pimpinan Pesantren bagian HRD, Wali asrama, guru dan Ketua Organisasi Pelajar Pondok Pesntren. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) perencanaan pendidikan karakter disusun sesuai dengan visi, misi dan tujuan pendidikan dengan mengembangkan kurikulum, metode dan sosialisasi; 2) dalam pengorganisasian pendidikan karakter yang bertanggung jawab adalah Kepala Sekolah dan pengasuhan santri; 3) pendidikan karakter dilaksanakan baik formal, informal dan nonformal; dan 4) pengontrolan dilakukan oleh semua stakeholder Pondok Pesantren, baik melalui rapor sekolah maupun rapor pondok yang dapat menentukan kenaikkan dan kelulusan peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
“Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 37–44, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5432.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 37–44, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5432.

References

Admin. ‘Keren.. Pesantren Di Subang Ini Berani Tangani Anak Nakal’. Jabar Press. 24 February 2017. https://www.jabarpress.com/2017/02/24/keren-pesantren-di-subang-ini-berani-tangani-anak-nakal/.
———. ‘Presiden: Pesantren Pendukung Utama Pembentukan Karakter Bangsa’. Kantor Staf Presiden, 2018.
Afriyanti, None. ‘Pendidikan Karakter’. 2019.
Aminah, Andi Nur. ‘Ponpes Harus Jadi Panutan Sistem Pendidikan Karakter’. Republika, 11 July 2018. https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/07/11/pboo2m384-ponpes-harus-jadi-panutan-sistem-pendidikan-karakter.
Anam, Husnul. ‘Pendidikan Karakter’. 2019.
Carmichael. Character Education. Baltemore: Meryland State Departemen of Education, 2007.
Darlis, A. Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara, 2017.
Durrohman, Awid. ‘Pendidikan Berkeadilan Jadi Prioritas Kepemimpinan HDMY’. Suara Nusantara. 25 May 2019. https://koransn.com/pendidikan-berkeadilan-jadi-prioritas-kepemimpinan-hdmy/.
Fadlillah. ‘Pendidikan Karakter’. 2019.
Kafarisa, Rosda Fajri, and Muhammad Kristiawan. ‘Kelas Komunitas Menunjang Terciptanya Karakter Komunikatif Peserta Didik Homeschooling Palembang’. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 3, no. 1 (2018).
Kristiawan. Manajemen Pendidikan. Sleman: Budi Utama, 2017.
Kristiawan, M. ‘A Model of Educational Character in High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera’. Research Journal of Education 1, no. 2 (2015): 15–20.
———. ‘Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia’. Ta’dib 18, no. 1 (2016): 13–25.
Kristiawan, M, and H Fitria. ‘Menumbuhkan Rasa Cinta Kepada Allah Dan Mahluknya Pada Anak Usia 5-6 Tahun’. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 6, no. 2 (2018).
Kristiawan, M, N Maryanti, and H Fitria. ‘Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Green School Di SMK Negeri Enim’. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 4, no. 2 (2019).
Kristiawan, M, Nizarani, and Syamsidar. ‘Role of School on Forming Character of Z-Generation Through Entrepreneurial Skills’. International Journal of Scientific& Technology Research 8, no. 10 (2019).
Kristiawan, Muhammad, and Tobari. ‘The Characteristics of the Full Day School Based Elementary School’. Transylvanian Review 1, no. 1 (2017).
Marisa. ‘Pendidikan Karakter’. 2019.
Marzuki, Marzuki, and Ahmad Masrukin. ‘Motif Orang Tua Santri Di Pondok Pesantren HM Lirboyo’. Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (1 February 2019): 166–81. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.667.
Rodliyah, Hj. Siti. ‘MANAJEMEN PONDOK PESANTREN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Di Pondok Pesantren “Annuriyyah” Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember).’ Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 12, no. 2 (25 January 2016): 299. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.230.
Suheli, Suheli. ‘Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Pembentukan Karakter’. Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (30 November 2018): 207–21. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2258.
Supriatna, Dedi. ‘Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Untuk Anaknya’. Intizar 24, no. 1 (1 January 2020): 1–18. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i1.1951.
Wafa, Tol’at. ‘Pendidikan Karakter’. 2019.