Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana mendidik anak dalam keluarga di era modern persfektif Islam berdasarkan sudut pandang dari pemikiran Ibnu Ihsan Baihaqi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi literatur (kepustakaan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa didiklah anak dengan tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia yang mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Yang nantinya hal itu merupakan sumbangan penting bagi pembangunan bangsa dan negara.
Article Details
How to Cite
[1]
“Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 45–50, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5459.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 45–50, Mar. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5459.
References
Al-Abrasyi, M Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Edited by A Gani and Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Al-Barik, Haya Binti Mubarok. Mausu’ah Al-Mar’atul Muslimah. Edited by Amir Hamzah Fachrudin. Jakarta: Darul Falah, 1998.
Al-Hasyimi, Muhammad Ali. The Ideal Muslimah the True Islamic Personality of The Muslim Woman as Defined in The Qur’an and Sunnah. Edited by Fungky Kusnaedi Timur. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.
Aly, Hery Noer, and Munzier. Watak Penidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2003.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Ilyas, Yuhannar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI, 2000.
Padjrin, Padjrin. “Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” INTELEKTUALITA 5, no. 1 (September 6, 2016): 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720.
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Al-Barik, Haya Binti Mubarok. Mausu’ah Al-Mar’atul Muslimah. Edited by Amir Hamzah Fachrudin. Jakarta: Darul Falah, 1998.
Al-Hasyimi, Muhammad Ali. The Ideal Muslimah the True Islamic Personality of The Muslim Woman as Defined in The Qur’an and Sunnah. Edited by Fungky Kusnaedi Timur. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.
Aly, Hery Noer, and Munzier. Watak Penidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2003.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Ilyas, Yuhannar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI, 2000.
Padjrin, Padjrin. “Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” INTELEKTUALITA 5, no. 1 (September 6, 2016): 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720.
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.