Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Tanjung Raja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian bersifat kuatitatifdengan jumlah populasi 147 orang siswa untuk penarikan sampel penelitian menggunakan propesional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa baik secara persial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Seni Budaya di SMA Tanjung Raja.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 87–102, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5580.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 87–102, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5580.
References
Atmaja, Arif Jati. ‘STUDI MINAT DAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE KLASIKAL POWERPOINT DENGAN METODE BERBANTU MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BOJA’. Universitas Negeri Semarang, 2016.
LINA, LINA. ‘PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI’. PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI, 2017.
Mappeasse, M Yusuf. ‘Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar’. Jurnal Medtek 1, no. 2 (2009): 1–6.
RAMADHANI, PUTRI SARI, M Pd Ramalis Hakim, and M Pd Suib Awrus. ‘Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Batik Siswa Kelas Xi Di Smkn 8 Padang’. Serupa The Journal of Art Education 7, no. 1 (2018).
Ramli, Ramli. ‘The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra’. International Journal of Asian Social Science 4, no. 6 (2014): 722–32.
Sardiman, A M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Sengodan, Vijaya, and Zanaton H Iksan. ‘Students’ Learning Styles and Intrinsic Motivation in Learning Mathematics’. Asian Social Science 8, no. 16 (2012): 17.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2013.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
LINA, LINA. ‘PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI’. PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI, 2017.
Mappeasse, M Yusuf. ‘Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar’. Jurnal Medtek 1, no. 2 (2009): 1–6.
RAMADHANI, PUTRI SARI, M Pd Ramalis Hakim, and M Pd Suib Awrus. ‘Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Batik Siswa Kelas Xi Di Smkn 8 Padang’. Serupa The Journal of Art Education 7, no. 1 (2018).
Ramli, Ramli. ‘The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra’. International Journal of Asian Social Science 4, no. 6 (2014): 722–32.
Sardiman, A M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Sengodan, Vijaya, and Zanaton H Iksan. ‘Students’ Learning Styles and Intrinsic Motivation in Learning Mathematics’. Asian Social Science 8, no. 16 (2012): 17.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2013.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.