Implementasi Kebijakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banyuasin I
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil implementasikebijakan kelompok kerja guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Banyuasin I. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji pemeriksaan atau keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yang terdiri dari observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan triangulasi sumber meliputi dari wawancara pada orang yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan dapat disimpulkan 1) Tanggapan guru Pendidikan agama Islam sangat positif terhadap Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam, dalam hal ini dapat terlihat dari absensi kehadiran di setiap kegiatan KKG PAI SD Kecamatan Banyuasin I. 2) Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banyuasin I dalam merencanakan pembelajaran yang disusun oleh guru termasuk penyusunan RPP, pemilihan materi, metode yang digunakan masih kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dalam penyusunan RPP masih banyak guru yang hanya meng-copy faste dengan RPP yang sudah ada. 3) Pelaksanaan pembelajaran dan kebijakan-kebijakan yang ada di Kecamatan Banyuasin I sudah berjalan dengan lancar, hal ini dapat dilihat dari program kerja yang telah dilaksanakan oleh setiap bidang organisasi. Kesimpulannya adalah implementasi kebijakan Kelompok Kerja Guru di Kecamatan Banyuasin I sudah berjalandengan maksimal, hanya saja dalam pembuatan RPP Pendidikan Agama Islam masih harus disosialisasikan lebih lanjut lagi
Article Details
How to Cite
[1]
“Implementasi Kebijakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banyuasin I”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 129–138, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5584.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Implementasi Kebijakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banyuasin I”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 129–138, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5584.
References
Abuddin, Nata. Manajemen Pendidikan (Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia). Jakarta: Prenada Media, 2001.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Ma’arif, S. Guru Profesional : Harapan Dan Kenyataan. Semarang: Walisongo Press, 2011.
Muslich, M. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sanusi, Syamsu. ‘Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kota Palopo Propinsi Sulawesi Selatan’. Holistik 2, no. 2 (2017): 1–9.
Syafaruddin. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Ma’arif, S. Guru Profesional : Harapan Dan Kenyataan. Semarang: Walisongo Press, 2011.
Muslich, M. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sanusi, Syamsu. ‘Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kota Palopo Propinsi Sulawesi Selatan’. Holistik 2, no. 2 (2017): 1–9.
Syafaruddin. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.