Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan conculsion drawing. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan hasil belajar di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja mencakup perencanaan saran dan prasarana (planning), pengorganisasian sarana dan prasarana (organizing), pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana (actuating), pengontrolan sarana dan prasaranan (controling).
Article Details
How to Cite
[1]
“Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 139–148, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5585.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 139–148, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5585.
References
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Choirul, Fuad Yusuf. Budaya Sekolah Dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pena Citrasatria, 2008.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Hamalik, Oemar. Proses Balajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Megasari. Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Nasution. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.
Sugeng. Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.
Choirul, Fuad Yusuf. Budaya Sekolah Dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pena Citrasatria, 2008.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Hamalik, Oemar. Proses Balajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Megasari. Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Nasution. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.
Sugeng. Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.