Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan

Main Article Content

Bahori Muslim
Edi Harapan
Nila Kesumawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah meliputi aspek, a) cara berkomunikasi b) pemberian motivasi, c) kemampuan memimpin d) pengambilan keputusan dan e) kekuasaan positif berada pada kategori sangat baik. Aspek mutu pendidikan didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang delapan Standar Nasional Pendidikan yang telah dilaksanakan dengan baik

Article Details

How to Cite
[1]
“Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 149–158, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5586.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 149–158, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5586.

References

Depdiknas, Balitbang. ‘Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tentang Standar Nasional Pendidikan’. Jakarta, 2014.
Haryono, D. ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Di Sekolah: Penelitian Survei Tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru SD Terhadap Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Ria’. Bandung, 2012.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Munawar, S. Psikologi Perkembangan Untuk Fakultas Tarbiyah IKIP SGPLB Serta Para Pendidik. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Purwanto, N. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Sudarmanto. Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM. Teori, Dimensi Pengukuran, Dan Implementasi Dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Tuckman. Evaluating Instructional Programs. Newton: Bacon & Allyn, 2009.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta, 2009.
Widiarochmawati, N. ‘Kepemimpinan Kharismatik Wanita Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Tuban’. Jurnal Prospektus 7, no. 1 (2010).