Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja

Main Article Content

Sukamti Sukamti
Yasir Arafat
Mulyadi Mulyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budaya sekolah di SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajaran PAI kelas IV semester satu di SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja dilaksanakan pada setiap kegiatan proses pembelajaran, yaitu di awal, inti, dan penutup dengan metode yang dominan dipakai adalah metode cerita hikmah dan pemberian keteladanan. Sedangkan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah terlihat dari kegiatan keagamaan di sekolah (salat Zuhur, salat Duha, makan dan minum sambil duduk), pembinaan kedisiplinan, program 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), berbaris rapi sebelum masuk kelas, upacara bendera setiap Senin, senam Jumat, musyawarah untuk mufakat, kunjungan edukatif, kegiatan infak setiap Jumat, hubungan guru dan murid yang akrab, dan kegiatan hari besar tahunan yang dilakukan melalui kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, pembiasaan, keteladanan, dan pengkondisian.

Article Details

How to Cite
[1]
“Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 159–166, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5630.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 159–166, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5630.

References

Ainissyifa, H. ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam’. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2014.
Ainiyah, N. ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’. Al-Ulum 13, no. 1 (2013).
Anwar, S. ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa’. Al Tadzkiyyah:Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2016).
Judiani, Sri. ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 9 (2010): 280–89.
Kemendikbud. Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan, 2018.
Kemendiknas. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penenilitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas, 2010.
Koesoema, D. Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah. Jakarta: Kanisius, 2017.
Komalasari, K, and D Saripudin. Pendidikan Karakter, Konsep Dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama, 2017.
Mukrimaa, S S. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi, 2014.
Penyusun, Tim. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2004.
Rohendi, E. ‘Pendidikan Karakter Di Sekolah’. Eduhumaniora 3 (2011).
Sindo, Koran. ‘Perilaku Seks Remaja Mengkhawatirkan’. Koran Sindo, 10 November 2016. http://koran-sindo.com/page/news/2016-11-10/5/34/Perilaku_Seks_Remaja_Mengkhawatirkan.
Sobandi, K. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi, 2016.
Sriyono. ‘Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Mata Pelajaran , Pengembangan Dan Budaya Sekolah’. In TEMU ILMIAH NASIONAL II 2010. Jakarta: PIPS FKIP UT, 2010.
TribunnewsBogor.com. ‘Siswi SMP Dikeroyok Oleh 12 Siswi SMA, Organ Intim Korban Diduga Dilukai Dan Berani Lapor Usai H+7’. Tribunnews, 9 April 2019. https://www.tribunnews.com/regional/2019/04/09/siswi-smp-dikeroyok-oleh-12-siswi-sma-organ-intim-korban-diduga-dilukai-dan-berani-lapor-usai-h7.