Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) pada Layanan Syariah LinkAja

Main Article Content

Uswatun Hasanah
M Rusydi
Candra Zaky Maulana
Maftukhatushalikhah Maftukhatushalikhah
Peny Cahaya Azwari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknologi berupa layanan syariah linkaja dapat diterima pada kalangan masyarakat di kota Palembang. Kerangka pemikiran telah dikembangkan berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) dengan metode penelitian kuantitatif beruapa perangkat SmartPLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan, perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan, minat menggunakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use,  perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use melalui minat menggunakan, dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap actual system use melalui minat menggunakan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) pada Layanan Syariah LinkAja”, intelektualita, vol. 10, no. 1, pp. 93–107, May 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i1.8410.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) pada Layanan Syariah LinkAja”, intelektualita, vol. 10, no. 1, pp. 93–107, May 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i1.8410.

References

Alharbi, S., & Drew, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), 143–155. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2014.050120
Anggraeni, R. (2015). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Ekonomi Bisnis, 20(1), 44–52. https://doi.org/10.17977/um042v20i1p44-52
Budiastuti, A. D. P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Pada Aplikasi Shopee Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66
Hanggono, A. (2015). Analisis Atas Praktek Tam (Technology Acceptance Model) Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), 86245.
Hendra, J., & Iskandar, A. (2016). Aplikasi Model TAM Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kantor Bank Jatim Cabang Situbondo. Jurnal Ecobuss, 4(1), 40–48. www.bi.go.id
Istiarni. (2014). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KREDIBILITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BERULANG INTERNET BANKING DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 888–897.
Mahyarni, M. (2013). THEORY OF REASONED ACTION DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17
Mayasari, F., Kurniawati, E., & Nugroho, P. (2011). ANTESEDEN DAN KONSEKUEN SIKAP NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (SURVEY PADA PENGGUNA KlikBCA). Semantik, 1(1).
Muflihhadi, I., & Rubiyanti, R. N. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Gojek Bandung ) the Impact of Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and Trust in Custome Rs ’ Satisfaction ( Case Study in Gojek Bandung ). E-Proceeding of Management, 3(2), 2026–2033.
Permana, P. A. (2018). Analisis Technology Acceptance Model ( TAM ) pada Sistem Informasi KIPEM ( Studi Kasus : Banjar Delodpasar , Desa Blahkiuh Bali ). Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(4), 28–37.
Purwitasari, M., & Pratomo, D. (2015). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ACTUAL SYSTEM USAGE (EFISIENSI PENGISIAN SPT) MENURUT PERSEPSI WAJIB PAJAK (Survey Terhadap Pengusaha Kena Pajak Pada KPP Pratama Bandung Cibeunying). E-Proceeding of Management, 2(3), 3213.
Wida, P., Yasa, N., & Sukaatmadja, I. (2016). Aplikasi Model Tam (Technology Acceptance Model)Pada Perilaku Pengguna Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 6(2), 101948.