Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan minat sebagai variabel intervening (study pada bank syariah Indonesia kota Palembang). Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan meyebarkan kuesioner terhadap 180 responden nasabah dan non nasabah di kota palembang menggunakan metode explanatory research untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel yang ada. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Analysis of Moment Structure (AMOS 21). Hasil analisis menunjukkan bahwa religious berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, Dan variabel Minat berpengaruh positif dan signifikan dalam mediasi antara religiusitas dan pengetahuan terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan minat sebagai variabel intervening.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening”, intelektualita, vol. 10, no. 1, pp. 177–187, Jun. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i1.8609.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening”, intelektualita, vol. 10, no. 1, pp. 177–187, Jun. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i1.8609.
References
Abdallah, M., & Lubis, I. (2015). Analisis Minat Menabung Pada Bank Syariah Di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 3(6), 14859.
Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Prosiding PESAT, 5.
Aminudin, M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi dan Fasilitas Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (p. 128). IAIN SALATIGA.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Bank Indonesia.
Gampu, A. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Junaidi, J. (2015). Persepsi Masyarakat Untuk Memilih Dan Tidak Memilih Bank Syariah (Studi Kota Palopo). Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2).
Kotler, P. (1997). Marketing management: Analysis, planning, implementation and control.
Kusuma, E. I., Surya, D., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(1).
Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syariah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syariah Dalam Transaksi E_commerce. Jurnal Ekonomi Islam, 10(2), 208–226.
Maski, G. (2012). Analisis keputusan nasabah menabung: pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1).
Purba, A. I. (2017). Pengaruh Perubahan Bank Umum Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Aceh Syariah Pada Masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistyono, M. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi Dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah KAntor Kas Fe Condongcatur Yogyakarta). In Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. UII.
Syahriyal, S. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Serta Dampaknnya Kepada Keputusan Menabung Pada Perbankan Syariah Di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 139–156.
Wahyuni, E. S. (2012). PENGARUH INFLASI DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP PROFITABILITAS BANK PERIODE 2006-2010: PERBANDINGAN ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL. Universitas Negeri Jakarta.
Wardana, M. A. (2017). Pengaruh Pertimbangan, Pengetahuan, Sikap nasabah terhadap keputusan nasabah memilih produk bank syariah di kota denpasar. Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 14(1), 79–88.
Yulianti, R., Sangen, M., & Rifani, A. (2016). Pengaruh Nilai-nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 4(2), 127–138.
Yuliawan, E. (2011). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 1(1).
Zuhal. (2010). Knowledge and Innovation Platform Kekuatan Daya Sainge. Gramedia Pustaka Utama.
Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Prosiding PESAT, 5.
Aminudin, M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi dan Fasilitas Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (p. 128). IAIN SALATIGA.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Bank Indonesia.
Gampu, A. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Junaidi, J. (2015). Persepsi Masyarakat Untuk Memilih Dan Tidak Memilih Bank Syariah (Studi Kota Palopo). Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2).
Kotler, P. (1997). Marketing management: Analysis, planning, implementation and control.
Kusuma, E. I., Surya, D., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(1).
Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syariah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syariah Dalam Transaksi E_commerce. Jurnal Ekonomi Islam, 10(2), 208–226.
Maski, G. (2012). Analisis keputusan nasabah menabung: pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1).
Purba, A. I. (2017). Pengaruh Perubahan Bank Umum Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Aceh Syariah Pada Masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistyono, M. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi Dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah KAntor Kas Fe Condongcatur Yogyakarta). In Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. UII.
Syahriyal, S. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Serta Dampaknnya Kepada Keputusan Menabung Pada Perbankan Syariah Di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 139–156.
Wahyuni, E. S. (2012). PENGARUH INFLASI DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP PROFITABILITAS BANK PERIODE 2006-2010: PERBANDINGAN ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL. Universitas Negeri Jakarta.
Wardana, M. A. (2017). Pengaruh Pertimbangan, Pengetahuan, Sikap nasabah terhadap keputusan nasabah memilih produk bank syariah di kota denpasar. Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 14(1), 79–88.
Yulianti, R., Sangen, M., & Rifani, A. (2016). Pengaruh Nilai-nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 4(2), 127–138.
Yuliawan, E. (2011). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 1(1).
Zuhal. (2010). Knowledge and Innovation Platform Kekuatan Daya Sainge. Gramedia Pustaka Utama.