Pengajaran Fikih Lintas Mazhab di Pondok Pesantren Lirboyo

Main Article Content

Ibnu Ato'ilah
Ahmad Munjin Nasih
Dzulfikar Rodafi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pengajaran, strategi pendidikan, dan penerapan metode Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Lirboyo sebagai bagian dari upaya menanamkan pendidikan fikih lintas mazhab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) desain pengajaran fikih antarmadzhab di pondok pesantren Lirboyo dengan metode bahtsul masail serta pengajaran fikih dan ushul al-fiqh lintas mazhab di pondok pesantren Lirboyo berimplikasi pada pemahaman keagamaan dengan kognitif ekspansi dan fleksibilitas kognitif lintas mazhab serta proses penggalian dan perumusan hukum dalam penalaran fikih antroposentris dan penalaran fikih transformatif-emansipatif bermuara pada kemaslahatan, kearifan, dan moderasi dalam beragama; 2) strategi pengajaran fikih dan ushul al-fiqh lintas mazhab di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dilakukan dengan dua cara yaitu metode mazhab qawly intiqadi dan mazhab manhaji, yaitu melakukan istinbat dengan mengikuti apa yang telah dirumuskan oleh para ulama mazhab; dan 3) penerapan metode bahtsul masail di pondok pesantren Lirboyo dibagi menjadi 3 kelompok yaitu forum bahstul masail internal, forum bahstul masail pondok pesantren Lirboyo dan forum bahsul masail yang diselenggarakan oleh pesantren lain.

Article Details

How to Cite
“Pengajaran Fikih Lintas Mazhab Di Pondok Pesantren Lirboyo”. Intizar 28, no. 2 (December 20, 2022): 111–123. Accessed October 10, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/13870.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengajaran Fikih Lintas Mazhab Di Pondok Pesantren Lirboyo”. Intizar 28, no. 2 (December 20, 2022): 111–123. Accessed October 10, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/13870.