Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik

Main Article Content

Muhammad Alfarizi
Muhammad Hanief
Syamsu Madyan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, sedangkan guru dan pegawai sebagai pendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, perencaanaan yang dilakukan adalah pembentukan tim penyusun kurikulum, analisis konteks, perencanaan sarana prasarana, dan personalia. Kedua, pelaksanaan yang dilakukan adalah kurikulum 2013, membuat perangkat pembelajaran, menerapkan pembelajaran berbasis teknonoli informasi, kegiatan ekstrakurikuler, membentuk tim prestasi akademik dan non akademik, sarana dan prasarana, dan personalia bekerja sesuai dengan SK dan job deskripsi. Ketiga, evaluasi yang dilakukan adalah supervisi pembelajaran dan melaksanakan rapat akhir tahunan bersama guru-guru dan staf madrasah untuk mengevaluasi keseluruhan pelaksanaan program pendidikan termasuk di dalamnya evaluasi kurikulum. Dengan demikian, kepala madrasah telah memiliki kompetensi manajerial dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Article Details

How to Cite
“Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 1–14. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/16389.
Section
Artikel

How to Cite

“Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 1–14. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/16389.