Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Sawocangkring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di SDN Sawocangkring. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sawocangkring ini tidak jauh berbeda dengan sekolah reguler lainnya, hanya berbeda pada metode pengajaran saja, dikarenakan dalam sekolah inklusi peserta didik dengan anak berkebutuhan khusus menjadi satu atau dalam satu ruangan sehingga pendidik dituntut untuk kreatif dalam melakukan proses pembelajaran. Meskipun anak berkebutuhan khusus merasa cepat bosan ketika mengikuti proses pembelajaran. Dalam implementasi terdapat beberapa hambatan di antaranya minat belajar dan kompetensi guru. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesiapan lingkungan sekolah dan perhatian orang tua.
Article Details
How to Cite
“Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 25–31. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/21925.
Section
Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 25–31. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/21925.