Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Main Article Content

Mala Ifna Ilmi Azza
Imam Fauji
Isa Anshori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Sawocangkring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di SDN Sawocangkring. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sawocangkring ini tidak jauh berbeda dengan sekolah reguler lainnya, hanya berbeda pada metode pengajaran saja, dikarenakan dalam sekolah inklusi peserta didik dengan anak berkebutuhan khusus menjadi satu atau dalam satu ruangan sehingga pendidik dituntut untuk kreatif dalam melakukan proses pembelajaran. Meskipun anak berkebutuhan khusus merasa cepat bosan ketika mengikuti proses pembelajaran. Dalam implementasi terdapat beberapa hambatan di antaranya minat belajar dan kompetensi guru. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesiapan lingkungan sekolah dan perhatian orang tua.

Article Details

How to Cite
“Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 25–31. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/21925.
Section
Artikel

How to Cite

“Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Intizar 30, no. 1 (July 1, 2024): 25–31. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/21925.