Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Aktif Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Main Article Content

Dedi Wahyudi
Mahmudatun Hasanah

Abstract

Akhlak di kehidupan sangatlah perlu sehingga memberikan kontribusi positif kepada setiap manusia, dalam penelitian ini peneliti mengemukakan bahwa seorang yang berakhlak baik akan memberikan keindahan untuk dirinya dan orang lain yang berada di sekitarnya, perlu kita ketahui terdapat akhlak terpuji dan akhlak tercela, yang harus ditanamkan yaitu akhlak yang terpuji untuk memancarkan cahaya yang terang dalam kehidupan, dalam tulisan ini penulis mengamati apakah model pembelajaran Stad ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, di mana di sini akhlaklah yang diutamakan. penulis menerangkan bagaimana seorang guru seharusnya mengajar, mengajar itu bukan hanya mentransfer materi namun memupukannya dengan keterampilan-keterampilan dan hal-hal yang baru, sebagian besar seorang guru yang mengajar di sekolah khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak yang memberikan materi peserta didik diperintah menulis dan mendengarkan ceramah guru, yang menimbulkan peserta didik bosan dan jenuh untuk mengikuti proses belajar mengajarnya, sehingga dalam pemahaman materi kurang, dan mengakibatkan peserta didik hasil belajarnya rendah. maka penulis di sini mencoba menerapkan model pembelajaran berbasis Aktif Learning Tipe Stad untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, metode penelitian yang digunakan di sini adalah studi pustaka di sini penulis memberikan pengajaran dengan model pembelajaran Tipe Stad tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta memupuk keterampilan-keterampilan dan memberikan siswa faham akan materi yang diberikan. penulis menggunakan studi pustaka dalam membuktikan keberhasilan atau tidaknya model pembelajaran ini, dengan menelusuri ke perpustakaan dan mencari data dari penelitian-penelitian terdahulu yang ada dalam buku-buku yang dibaca, penelitian ini harapannya untuk membuktikan bahwa dengan model pembelajaran Stad ini murid menjadi giat dan cepat menangkap materi dari pendidik dan hasil belajar peserta didik dapat memuaskan hati pendidik yang melihat siswa yang ditransfer ilmu oleh dirinya dapat berhasil mendapat nilai bagus.

Article Details

How to Cite
“Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Aktif Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak”. Intizar 23, no. 2 (December 31, 2017): 183–194. Accessed May 2, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/2194.
Section
Artikel

How to Cite

“Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Aktif Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak”. Intizar 23, no. 2 (December 31, 2017): 183–194. Accessed May 2, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/2194.

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Arsiyati, Y. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw Di MTs Al Ikhlas Tanuraksan Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi, 1(1).
Handayani, B. D. (2011). Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (Skpkd). Dinamika Pendidikan, 6(1).
Hendrik, A. L. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Stad Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).
Irwandra. (2014). Metafisika Akhlak: Dasar-Dasar Akhlak Dalam Islam. ANIDA, 39(1).
Mahdi. (2016). Urgensi Akhlak Tasawuf Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(1).
Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2).
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhamad, F. (2015). Model Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasution, N. H. (2015). Metode Dakwah Dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Remaja. Wardah, 12(2).
Nata, A. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nilyati. (2015). Sistem Pembinaan Akhlak Dalam Tasawuf Akhlaki. Tajdid, 13(2).
Nuroso, D. N. (2012). Penerapan Model Stad Termodifikasi Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).
Nurwati, T. (2010). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas Xi Pemasaran Smk Negeri 02 Purworejo Semester Genap Tahun 2010/2011. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2).
Rohayati, E. (2011). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Ta’dib, 16(1).
Subahri. (2015). Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2).
Wahyudi, D., & Alafiah, T. (2016). Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2).
Wahyudi, D., & Azizah, H. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN KONSEP LEARNING REVOLUTION. ATTARBIYAH, 26.
Zainudin. (2013). Pendidikan Akhlak Sebagai Tuntutan Masa Depan Anak. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).