Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah

Main Article Content

Bustani
Muhammad Thohri
Nazar Na’amy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul Iman NW Keruak Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran strategis dalam merancang visi, misi, dan strategi sekolah yang menekankan pembangunan karakter siswa; 2) Implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul Iman NW Keruak mencakup berbagai jalur, termasuk proses pembelajaran, manajemen sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Proses pembelajaran diarahkan untuk menginternalisasi nilai-nilai karakter dalam kehidupan siswa sehari-hari.; dan 3) Kepala madrasah melakukan evaluasi melalui pengamatan langsung terhadap kegiatan sekolah, analisis data dan informasi terkait pembangunan karakter siswa, serta penilaian kelas dan rapor sekolah.

Article Details

How to Cite
“Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah”. Intizar 30, no. 1 (July 3, 2024): 75–84. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22184.
Section
Artikel

How to Cite

“Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah”. Intizar 30, no. 1 (July 3, 2024): 75–84. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22184.