Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Main Article Content

Amalia Rahmatini
Istikomah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB Harmoni Gedangan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Harmoni Gedangan sudah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hal tersebut ditandai dengan salat berjemaah di sekolah, pembinaan cara berwudu, dan pembinaan akhlak peserta didik. Selain itu, tercapainya aspek manajemen sangat tergantung dengan komitmen dan kapabilitas guru terhadap manajemen pendidikan itu sendiri. Untuk mencapai keberhasilan dalam mengajar, guru harus kreatif, sabar, dan pengetahuan yang kuat dan luas. Selain itu, faktor keberhasilan dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus adalah sinergitas atau kekompakan dalam berkomitmen untuk mendidik baik di rumah maupun di sekolah  antara pihak sekolah, guru dan wali murid.                           

Article Details

How to Cite
“Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Intizar 30, no. 1 (July 8, 2024): 85–93. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22247.
Section
Artikel

How to Cite

“Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Intizar 30, no. 1 (July 8, 2024): 85–93. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22247.