Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB Harmoni Gedangan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Harmoni Gedangan sudah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hal tersebut ditandai dengan salat berjemaah di sekolah, pembinaan cara berwudu, dan pembinaan akhlak peserta didik. Selain itu, tercapainya aspek manajemen sangat tergantung dengan komitmen dan kapabilitas guru terhadap manajemen pendidikan itu sendiri. Untuk mencapai keberhasilan dalam mengajar, guru harus kreatif, sabar, dan pengetahuan yang kuat dan luas. Selain itu, faktor keberhasilan dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus adalah sinergitas atau kekompakan dalam berkomitmen untuk mendidik baik di rumah maupun di sekolah antara pihak sekolah, guru dan wali murid.
Article Details
How to Cite
“Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Intizar 30, no. 1 (July 8, 2024): 85–93. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22247.
Section
Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Intizar 30, no. 1 (July 8, 2024): 85–93. Accessed October 6, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/22247.