Kohesivitas Guru di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kohesivitas guru di sekolah SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulam data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru-guru sekolah di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa adanya solidaritas guru dalam lingkungan masyarakat pedesaan. Yang dinilai dari kohesivitas para guru di sekolah SMP Muhammadiyah 5 Tulangan yakni memiliki prinsip dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Meskipun dengan kehidupan yang tidak konsumtif dengan adanya prinsip tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan dapat memperkuat kohesivitas serta menjadi contoh baik terhadap anggota sekolah khususnya bagi para siswa. Berbagai produktivitas yang dijalani dalam kehidupan sehari hari yang menciptakan ikatan persaudaraan dengan sesama. Adapun faktor pendukungnya adalah lingkungan kerja sekolah yang nyaman.
Article Details
How to Cite
“Kohesivitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan”. Intizar 30, no. 1 (July 2, 2024): 69–74. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/23607.
Section
Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Kohesivitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan”. Intizar 30, no. 1 (July 2, 2024): 69–74. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/23607.