Kohesivitas Guru di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan

Main Article Content

Adilatul Bilqis Annida
Budi Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kohesivitas guru di sekolah SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulam data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru-guru sekolah di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa adanya solidaritas guru dalam lingkungan masyarakat pedesaan. Yang dinilai dari kohesivitas para guru di sekolah SMP Muhammadiyah 5 Tulangan yakni memiliki prinsip dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Meskipun dengan kehidupan yang tidak konsumtif dengan adanya prinsip tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan dapat memperkuat kohesivitas serta menjadi contoh baik terhadap anggota sekolah khususnya bagi para siswa. Berbagai produktivitas yang dijalani dalam kehidupan sehari hari yang menciptakan ikatan persaudaraan dengan sesama. Adapun faktor pendukungnya adalah lingkungan kerja sekolah yang nyaman.

Article Details

How to Cite
“Kohesivitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan”. Intizar 30, no. 1 (July 2, 2024): 69–74. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/23607.
Section
Artikel

How to Cite

“Kohesivitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Pedesaan”. Intizar 30, no. 1 (July 2, 2024): 69–74. Accessed October 15, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/23607.