Integrasi Ilmu dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi dan Yusuf Qardhawi
Main Article Content
Abstract
pengetahuan di negara-negara Islam serta menawarkan konsep integrasi ilmu sebagai solusi untuk membangun peradaban Islam yang maju dan relevan di era modern. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian ini mengkaji pemikiran Ismail Raji al-Faruqi dan Yusuf Qardhawi mengenai integrasi ilmu agama dan sains dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu dapat mengatasi dikotomi ilmu dan menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Pemikiran al-Faruqi mengenai Islamisasi ilmu dan pandangan Qardhawi tentang pentingnya harmoni antara ilmu agama dan sains memberikan dasar yang kuat untuk membangun generasi Muslim yang berkompeten di bidang sains, teknologi, dan spiritualitas Islam. Implementasi integrasi ilmu dapat menghasilkan inovasi yang berpijak pada prinsip tauhid dan menciptakan generasi yang mampu berperan aktif dalam kemajuan peradaban global.
Article Details
How to Cite
“Integrasi Ilmu Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi Dan Yusuf Qardhawi”. Intizar 30, no. 2 (December 26, 2024): 110–119. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24437.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Integrasi Ilmu Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi Dan Yusuf Qardhawi”. Intizar 30, no. 2 (December 26, 2024): 110–119. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24437.