Integrasi Ilmu dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi dan Yusuf Qardhawi

Main Article Content

Abd. Salam
Aji Wahyudin
Erfan Nawawi

Abstract

pengetahuan di negara-negara Islam serta menawarkan konsep integrasi ilmu sebagai solusi untuk membangun peradaban Islam yang maju dan relevan di era modern. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian ini mengkaji pemikiran Ismail Raji al-Faruqi dan Yusuf Qardhawi mengenai integrasi ilmu agama dan sains dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu dapat mengatasi dikotomi ilmu dan menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Pemikiran al-Faruqi mengenai Islamisasi ilmu dan pandangan Qardhawi tentang pentingnya harmoni antara ilmu agama dan sains memberikan dasar yang kuat untuk membangun generasi Muslim yang berkompeten di bidang sains, teknologi, dan spiritualitas Islam. Implementasi integrasi ilmu dapat menghasilkan inovasi yang berpijak pada prinsip tauhid dan menciptakan generasi yang mampu berperan aktif dalam kemajuan peradaban global.

Article Details

How to Cite
“Integrasi Ilmu Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi Dan Yusuf Qardhawi”. Intizar 30, no. 2 (December 26, 2024): 110–119. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24437.
Section
Artikel

How to Cite

“Integrasi Ilmu Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi Dan Yusuf Qardhawi”. Intizar 30, no. 2 (December 26, 2024): 110–119. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24437.