Strategi Membangun Literasi Keagamaan Melalui Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Alvito Budi Astoro
Edi Suresman
Achmad Faqihuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran program-program keagamaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 8 Bandung, khususnya terkait peningkatan literasi keagamaan siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program keagamaan yang diterapkan di SMAN 8 Bandung, seperti pembelajaran PAI, Pesantren Ramadhan, khutbah Jumat, gerakan literasi, pelaksanaan qurban, sholat Dhuha, dan kultum, memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan literasi keagamaan siswa. Program-program ini tidak hanya memperdalam pemahaman agama siswa, tetapi juga mengembangkan karakter spiritual dan keterampilan sosial siswa. Sholat Dhuha yang rutin membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai ibadah dan kedisiplinan, sementara program kultum berperan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berbicara di depan umum, serta berbagi pengetahuan agama secara aktif. Kedua program tersebut terbukti efektif dalam mengintegrasikan aspek ibadah, kognitif, dan sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Article Details

How to Cite
“Strategi Membangun Literasi Keagamaan Melalui Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 24, 2024): 140–151. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24808.
Section
Artikel

How to Cite

“Strategi Membangun Literasi Keagamaan Melalui Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 24, 2024): 140–151. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/24808.