Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA dan ICI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Nadya Ranialini
Nurul Azizah
Umihijriyah
Syaiful Anwar
Istihana

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis eksperimentasi model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) dan Interactive Conceptual Instruction (ICI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperimental Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu dua kelas eksperimen VIII.7 dan VIII.9 dan kelompok kontrol VIII.5. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik   analisis   data   menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji menunjukkan nilai dengan signifikansi (Sig.) sebesar 0.128. Karena nilai Sig. (0.128) lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran FERA dan ICI dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
“Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA Dan ICI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 25, 2024): 184–194. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/25547.
Section
Artikel

How to Cite

“Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA Dan ICI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 25, 2024): 184–194. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/25547.