Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA dan ICI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis eksperimentasi model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) dan Interactive Conceptual Instruction (ICI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperimental Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu dua kelas eksperimen VIII.7 dan VIII.9 dan kelompok kontrol VIII.5. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji menunjukkan nilai dengan signifikansi (Sig.) sebesar 0.128. Karena nilai Sig. (0.128) lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran FERA dan ICI dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Article Details
How to Cite
“Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA Dan ICI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 25, 2024): 184–194. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/25547.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Eksperimentasi Model Pembelajaran FERA Dan ICI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Intizar 30, no. 2 (December 25, 2024): 184–194. Accessed February 14, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/25547.