Sarkasme Film Series Bidaah bagi Praktik Keagamaan Umat Islam di Indonesia: Tinjauan Teori Sosiologi Agama

Main Article Content

Sayid Ahmad Ramadhan
Masdar Hilmy
Desi Erawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi wujud sarkasme dalam film series Bidaah serta dampaknya terhadap praktik keagamaan umat Islam di Indonesia. Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan tinjauan pustaka. Tahapan pengumpulan data melalui identifikasi isi sajian konten film Bidaah pada akun TikTok Gol-Da (@gol.da_fanpage), yang kemudian dianalisis melalui analisis isi (content analysys) dengan tahapan reduksi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarkasme dalam film series Bidaah pada representasinya tersebut bukan hanya sekadar ekspresi artistik, melainkan dapat menjadi wahana kritik sosial keagamaan yang positif sebab telah mencerminkan atas bagaimana mirisnya kondisi segelintir kecil praktik keagamaan yang dilakukan oleh oknum maupun kelompok di Indonesia. Kendati demikian, ia juga dapat menjadi wahana kritik sosial keagamaan yang negatif sebab berpotensi merubah perpesktif umat Islam terhadap oknum guru spiritual dan kelompok keagamaan yang memang benar-benar menjalankan praktik syari’at agama sesuai dengan syari’at Islam. Berkiblat sesuai tinjauan sosiologi agama, sarkasme dalam film ini mencerminkan tiga aspek utama yang memang patut dikritisi secara konsisten, ilmiah dan komprehensif, yakni fanatisme terhadap guru spiritual, pemujaan terhadap keberkahan secara berlebihan, serta sikap eksklusif dalam beragama. 

Article Details

How to Cite
“Sarkasme Film Series Bidaah Bagi Praktik Keagamaan Umat Islam Di Indonesia: Tinjauan Teori Sosiologi Agama”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 22–30. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/27688.
Section
Artikel

How to Cite

“Sarkasme Film Series Bidaah Bagi Praktik Keagamaan Umat Islam Di Indonesia: Tinjauan Teori Sosiologi Agama”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 22–30. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/27688.