Metode Ummi: Solusi Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Ummi di SDIT Al Hikmah Palopo serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri dari lima guru al-Qur’an, kepala sekolah, serta delapan peserta didik dari berbagai jenjang kelas. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik, terutama melalui pendekatan pembelajaran klasikal dan individual yang sistematis. Namun, keterbatasan jumlah tenaga pengajar yang kompeten menjadi kendala utama dalam pelaksanaan metode ini. Selain itu, beban kerja guru yang tinggi juga berdampak pada kurang optimalnya pengelolaan kelas dalam pembelajaran al-Qur’an. Dengan demikian, metode Ummi terbukti efektif diterapkan, dengan catatan bahwa keberhasilan implementasinya sangat bergantung pada ketersediaan guru yang berkualitas serta sistem pembelajaran yang mendukung.
Article Details
How to Cite
“Metode Ummi: Solusi Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 31–41. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/27784.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Metode Ummi: Solusi Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 31–41. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/27784.