Transformasi Pendidikan di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah pada Era 1925–1930
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan di Tanjung Sakti pada masa 1925-1930. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosio-historis. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan intepretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 1925–1930, Muhammadiyah membawa perubahan besar dalam pendidikan di Tanjung Sakti dengan mendirikan sekolah-sekolah yang memadukan kurikulum agama dan ilmu umum. Di tengah dominasi pendidikan kolonial dan Katolik yang terbatas aksesnya, Muhammadiyah menawarkan pendidikan inklusif dan modern bagi masyarakat pedalaman. Tak hanya memperluas akses belajar, Muhammadiyah juga mencetak generasi terdidik, meningkatkan peran perempuan dalam pendidikan, dan melahirkan kelas menengah muslim yang progresif. Pendidikan ini menanamkan nilai kemandirian dan kemajuan Islam, yang memperkuat identitas keislaman dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan lokal dan nasional.
Article Details
How to Cite
“Transformasi Pendidikan Di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah Pada Era 1925–1930”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 53–63. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/28466.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Transformasi Pendidikan Di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah Pada Era 1925–1930”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 53–63. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/28466.