Transformasi Pendidikan di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah pada Era 1925–1930

Main Article Content

Abu Hanifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan di Tanjung Sakti pada masa 1925-1930. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosio-historis. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan intepretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 1925–1930, Muhammadiyah membawa perubahan besar dalam pendidikan di Tanjung Sakti dengan mendirikan sekolah-sekolah yang memadukan kurikulum agama dan ilmu umum. Di tengah dominasi pendidikan kolonial dan Katolik yang terbatas aksesnya, Muhammadiyah menawarkan pendidikan inklusif dan modern bagi masyarakat pedalaman. Tak hanya memperluas akses belajar, Muhammadiyah juga mencetak generasi terdidik, meningkatkan peran perempuan dalam pendidikan, dan melahirkan kelas menengah muslim yang progresif. Pendidikan ini menanamkan nilai kemandirian dan kemajuan Islam, yang memperkuat identitas keislaman dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan lokal dan nasional.

Article Details

How to Cite
“Transformasi Pendidikan Di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah Pada Era 1925–1930”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 53–63. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/28466.
Section
Artikel

How to Cite

“Transformasi Pendidikan Di Tanjung Sakti: Kontribusi Muhammadiyah Pada Era 1925–1930”. Intizar 31, no. 1 (June 30, 2025): 53–63. Accessed July 27, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/28466.