Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah

Main Article Content

Anik Zakariyah
Abdulloh Hamid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya 1) peran orangtua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta didik berbasis online, 2) peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta didik berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah: Pembelajaran online yang dilakukan di rumah dengan pengawasan dan kontrol dari orang tua sebagaimana yang terjadi akhir-akhir ini memiliki banyak dampak positif dan negatif, diantaranya: 1) dampak positif: materi dapat diakses oleh pelajar dimanapun dan kapanpun, pelajar dapat melakukan pembelajaran atau membaca materi sambil melakukan kegiatan santai, aman dari virus corona, mayoritas orang tua menjadi melek akan informasi dan teknologi. 2) dampak negatif: kejahatan cyber yang dapat menyerang aplikasi-aplikasi pembelajaran onlin atau daring, kegiatan belajar mengajar yang tidak sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka, tugas yang menumpuk, penguasaan orang tua dan guru akan teknologi masih rendah, keterbatasan sarana dan prasarana (kuota, sinyal, biaya, pendidikan orang tua dan lain-lain). khusus dalam hal pembelajaran online yang terjadi akhir-akhir ini, literasi teknologi perlu dipelajari oleh seluruh stakeholder pendidikan, terutama dalam pemanfaatannya sebagai pembelajaran daring atau online yang saat ini berlangsung. adapun hal-hal yang perlu dipahami dan disadari oleh stakeholder pendidikan antara lain: 1) orang tua 2) guru, 3) sekolah dan 4) pemerintah.

Article Details

How to Cite
“Kolaborasi Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Di Rumah”. Intizar 26, no. 1 (July 1, 2020): 17–26. Accessed November 9, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5892.
Section
Artikel

How to Cite

“Kolaborasi Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Di Rumah”. Intizar 26, no. 1 (July 1, 2020): 17–26. Accessed November 9, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5892.

References

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).
Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42.
Fahriantini, E. (2016). Peranan Orangtua dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger di Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Ilmu Komunikasi, 4(4), 44–55.
Faisal, N. (2016). Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal An-Nisa, 9(2), 121.
Hidayat, S. (2013). Pengaruh kerjasama orang tua dan guru terhadap disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP) negeri kecamatan Jagakarsa-Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).
Khotimah, H., Zainiyati, H. S., Hamid, A., & Basit, A. (2020). E-learning application Madrasah online learning solution in the middle of pandemic Covid-19 in Ma Negeri Insan Cendekia, Kendari. Technium Social Sciences Journal, 10(1), 107–114.
Kusuma, N., & Hadiyanto, H. (2015). Perilaku Menonton dan Kepuasan Petani terhadap Program Merajut Asa di Televisi TV Trans7. Jurnal Penyuluhan, 11(1).
Marimba, A. D. (1998). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al- Ma’arif.
Muhaimin. (2008). Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi kolaborasi orangtua dengan konselor dalam mengembangkan sukses studi siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1).
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. INTELEKTUALITA, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Riyana, C. (2015). Konsep Pembelajaran Online. Jakarta: Universitas Terbuka.
Roja, A. (2017). Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan standar proses pembelajaran pai pada sekolah berprestasi: Studi Multi Kasus di SMP Negeri 6 dan 13 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Sukiman, S. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Susena, E., & Lestari, D. A. (2014). Dampak penggunaan internet terhadap kecerdasan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah pedesaan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di daerah pedesaan. Jurnal Sainstech Politeknik Indonesia Surakarata.
Syahidin, & Alma, B. (2009). Moral dan Kognisi Islam : Buku Teks Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.