Pengaruh Pelayanan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Pelayanan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru bimbingan konseling, kecerdasan emosional siswa dan pengaruh pelayanan guru bimbingan konseling terhadap kecerdasan emosional siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana pelayanan guru bimbingan konseling pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang? Bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang? Bagaimana pengaruh pelayanan guru bimbingan konseling terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang?Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini memaparkan data yang berupa penjelasan dan data berupa angka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang yang berjumlah 178 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan.Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: PertamaPelayanan guru bimbingan konseling pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari tabel TSR yaitu tergolong sedang atau tergolong kondisi yang cukup baik, yaitu ada 26 orang siswa dari 36 keseluruhan responden dengan tingkat persentase 72 %. 3 responden dengan persentase 8 % ( baik ) dan 7 responden dengan persentase 20 % (tidak baik). Kedua, Kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari tabel TSR yaitu terdapat 8 siswa yang mendapat nilai 52 keatas yaitu persentase sebesar 2 %, terdapat 24 siswa yang mendapat nilai 46-52 yaitu persentase sebesar 67 %, dan 4 siswa mendapat nilai 46 ke bawah yaitu persentase sebesar 11 %. Ketiga, Terdapat pengaruh pelayanan guru bimbingan konseling t erhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Hal ini bisa dilihat dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 0,986) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 0,325 dan tt.ts. 1% = 0,418) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 0,325<0,986>0,418. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan Terdapat pengaruh pelayanan guru bimbingan konseling terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang.
Article Details
How to Cite
Pengaruh Pelayanan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. (2017). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(2), 149-158. https://doi.org/10.19109/jip.v2i2.1073
Section
Artikel Asli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Pengaruh Pelayanan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. (2017). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(2), 149-158. https://doi.org/10.19109/jip.v2i2.1073